Ketua MWA UI Saleh Husin: Ayo Donorkan Darah Kita

Kamis, 11 Februari 2021 - 14:49 WIB
loading...
Ketua MWA UI Saleh Husin: Ayo Donorkan Darah Kita
Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin melakukan donor darah di areal golf course Pondok Indah, Jakarta. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kebutuhan akan darah sangat besar untuk menolong orang yang sakit, apalagi di masa pandemi COVID-19 saat ini, di mana banyak pasien sangat membutuhkan. Baik untuk donor darah reguler maupun donor darah plasma konvalesen untuk pasien COVID-19.

Apa itu donor plasma konvalesen? Donor plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari COVID-19 kepada pasien COVID-19 yang sedang dirawat.

"Begitu saya diinfokan oleh Ibu Vicky W Kartiwa sebagai Ketua Umum Perempuan Jenggala yang menyelenggarakan program donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di areal golf course Pondok Indah, langsung saya katakan siap berpartisipasi. Nah untuk itu saya pagi tadi langsung hadir di lokasi guna melaksanakan donor darah tersebut yang bertemakan 'Menjadi Pahlawan Di Tengah Pandemi'. Tentu semua tahapan protokol kesehatan harus diikuti sebelumnya agar kita semuanya aman," ujar Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin, Kamis (11/2/2021).

Baca juga: Benarkan Orang yang Divaksin Covid-19 Dilarang Donor Darah Selama Setahun?

Saleh Husin mengaku juga secara rutin mendonorkan darahnya, sehingga prosesnya berjalan lancar. "Harapan saya semoga darah yang kita donorkan ini dapat bermanfaat buat pasien yang membutuhkan, dan sekali lagi terima kasih buat Perempuan Jenggala yang sudah menginisiasi acara ini, sehingga dapat menambah stok darah di Palang Merah Indonesia," kata Saleh Husin yang kini juga menjabat sebagai Managing Director Sinarmas.

Ketua Umum Perempuan Jenggala Vicky W Kartiwa menegaskan bahwa Perempuan Jenggala mendukung Donor Darah Plasma Konvalesen. Seperti diketahui, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 bekerja sama dengan PMI kembali meminta para penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasma konvalesen menyusul besarnya kebutuhan pasien yang sedang berjuang sembuh.

Bahkan, kedua lembaga ini sejak Januari 2021 telah mencanangkan gerakan nasional donor plasma konvalesen.

Baca juga: 300 Penyintas COVID-19 Daftar Donor Plasma Konvalesen di Gresik

"Sebagai penyintas, mendonorkan plasma konvalesen merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah sembuh dan juga membantu penderita lainnya agar pulih," tutur Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam siaran pers peluncuran situs pendaftaran pendonor konvalesen di Jakarta, Senin (8/2/2021).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4239 seconds (0.1#10.140)