HPN 2021, DPR: Pers Perankan Fungsi Kontrol Pemerintah dan Tangkal Hoaks

Senin, 08 Februari 2021 - 13:21 WIB
loading...
HPN 2021, DPR: Pers Perankan Fungsi Kontrol Pemerintah dan Tangkal Hoaks
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengucapkan selamat HPN 2021 dan Hari Jadi ke-75 PWI yang jatuh pada Selasa (9/2/2021) besok. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan Hari Jadi ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) yang jatuh pada Selasa (9/2/2021) besok.

Azis berharap di tengah pandemi COVID-19, pers dapat terus berkontribusi mengawal demokrasi dan membantu pemulihan ekonomi melalui informasi yang membangun, demi kemajuan bangsa dan negara sesuai tema yang di angkat pada tahun ini yaitu "Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi".

"Pers harus selalu menyampaikan informasi yang objektif, membangun dan mengedukasi masyarakat. Pers harus dapat membantu program pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 melalui pemberitaan edukasi di tengah masyarakat, sehingga terwujudnya Indonesia sehat dan percepatan ekonomi nasional terwujud," kata Azis, Senin (8/2/2021).



Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, pers di era reformasi menjadi salah satu pilar demokrasi setelah lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Tentunya pers merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia saat ini dalam melakukan fungsi kontrol terhadap pemerintah.

"Kita harapkan pers dapat menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik dan terus memperhatikan prinsip etika jurnalistik," ujarnya.

Lebih lanjut, Azis mengharapkan, pers dapat menangkal hoaks mengenai COVID-19 yang selama ini marak dilakukan di media sosial (medsos) mengenai vaksin dan sebagainya. Pers sejatinya dapat meluruskan mengenai hoaks yang berkembang agar dapat menciptakan situasi kondusif di tengah masyarakat, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang dialami di seluruh dunia.



"Pers harus dapat menjadi penyambung informasi yang baik kepada masyarakat dan semoga seluruh insan pers dapat melakukan aktivitasnya dengan selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh dengan menerapkan protokol kesehatan. Karena kita harus selalu ingat, bahwa keluarga menanti di rumah," kata mantan Ketua Komisi III DPR itu.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)