Amien Rais Kritisi Rencana Bentuk Pam Swakarsa: Tolong Dibatalkan Saja

Jum'at, 29 Januari 2021 - 08:43 WIB
loading...
Amien Rais Kritisi Rencana Bentuk Pam Swakarsa: Tolong Dibatalkan Saja
Amien Rais meminta rencana pembentukan Pam Swakarsa dibatalkan saja. Tangkapan layar YouTube Amien Rais Official
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua MPR RI M Amien Rais meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membatalkan rencana pembentukan Pam Swakarsa . Amien pun mengingatkan keberadaan Pam Swakarsa tahun 1998 yang membuat kalut.

"Saya agak miris dan galau ketika Pak Kapolri baru itu sudah mencanangkan akan membentuk Pam Swakarsa yang lain dengan gaya Pam Swakarsa pada 1998 dahulu," kata Amien dalam video berjudul SEBAIKNYA BATALKAN PAM SWAKARSA! yang tayang di Channel YouTube Amien Rais Official, Kamis (28/1/2021) malam.

Amien lalu mengingatkan, Pam Swakarsa yang dibentuk tahun 1998 berakhir dengan sebuah tragedi yaitu Tragedi Semanggi. Lebih daripada itu juga terjadi semacam pembelahan masyarakat. "Walaupun terjadi hanya di Jakarta, Ibu Kota, tetapi cukup membuat suasana kalut pada waktu itu," kata Amien.



Pendiri Partai Ummat ini lalu mengatakan, lebih baik kita berpikir ulang tentang rencana membentuk Pam Swakarsa ini. Apalagi, konsepnya juga belum jelas. "Malahan, ada kemungkinan, Pam Swakarsa , kalau ada betul-betul dari apa, Papua, Papua Barat sampai ke Aceh itu, di mana-mana ada Pam Swakarsa , kalau sampai kesusupan orang-orang yang mungkin tidak seperti yang dimaksudkan oleh kita semua, bisa-bisa nanti ada yang enteng tangannya, kemudian melakukan pelanggaran HAM berat sampai mengorbankan nyawa dan lain-lain atas nama keamanan, atas nama sebagainya. Jadi ini saya kira perlu diperhatikan sungguh-sungguh."

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Ingatkan Jenderal Listyo Sigit Hati-hati Wacanakan Pam Swakarsa


Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini kembali mengingatkan agar dipikirkan secara sungguh-sungguh rencana membentuk Pam Swakarsa ini karena risikonya bisa sangat jauh. Amien mengatakan, kenyataannya itu kadang-kadang orang sipil dikasih seragam militer, dikasih senjata walaupun mungkin bukan senjata berat mungkin lantas lebih militer dari militer, lebih polisi dari polisi.

"Jadi intinya, kalau dengan bahasa lembut, tolong Pam Swakarsa ditinjau kembali. Dengan bahasa lugas, tolong dibatalkan saja," pungkas Amien Rais .
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2336 seconds (0.1#10.140)