Airlangga: Donor Plasma Sangat Dibutuhkan Pasien Covid-19

loading...
Airlangga: Donor Plasma Sangat Dibutuhkan Pasien Covid-19
Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto mendorong gerakan donor plasma untuk menyelamatkan lebih banyak pasien Covid-19. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akhirnya mengakui sempat terjangkit Covid-19. Pengakuan ini disampaikannya setelah mendonorkan plasma konvalesen pada pencanangan Gerakan Donor Plasma .

Menurut Ketua Umum DPP Partai Golkar itu, kegiatan dia pendonoran plasma perlu digalakkan sebagai upaya untuk menyelamatkan jiwa manusia yang terkena Covid-19.

"Pertama donor plasma ini yang pernah terjangkit covid dan donor ini sangat diperlukan," kata Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu dalam video virtual, Kamis (21/1/2021).

(Baca:Permintaan Donor Plasma Konvalesen Tinggi, Ini Syaratnya Bagi Para Penyintas)



Donor plasma konvalesen adalah bagian dari program 3T alias metode treatment, upaya lain untuk mengatasi pandemi Covid-19 di luar disiplin protokol kesehatan.

"Kita mendorong plasma konvalesen. Kita harus bekerjasama dengan TNI dan konsolidasi kata jadi program satu data itu jadi kebutuhan yang sangat vital," tandasnya.

(Baca:Diyakini Menguat, Menko Airlangga: Ini 3 Kunci Pertumbuhan Ekonomi 2021)



Airlangga menyatakan keterlibatannya mendonorkan plasma konvalesen adalah bentuk rasa syukurnya karena telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Ia mengaku ingin membantu pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan.

"Untuk jadi donor efektif masanya tiga bulan penyintas Covid kalau semakin lama enggak efektif daya tahannya," jelasnya.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top