Vaksinasi sebagai Harapan dan Solusi

Jum'at, 22 Januari 2021 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Masyarakat tak boleh terlambat atau disuntik lebih awal dari ketentuan waktu yang ditetapkan saat menjalani penyuntikan kedua. Dalam dunia epidemiologi, istilah itu dinamakan valid doses (dosis valid). Kegagalan dalam memenuhi syarat valid doses bisa berimbas pada kegagalan tercapainya herd immunity.

Bagaimana pemerintah mampu mendokumentasikan dan melacak orang, terutama untuk dosis kedua? Berapa banyak orang yang benar-benar dapat divaksinasi oleh pemerintah setempat per minggu?

Perlu berkaca pada kejadian vaksinasi difteri di Jawa Timur pada 2017 yang memunculkan immunity gap. Immunity gap yaitu kesenjangan atau kekosongan kekebalan di kalangan penduduk di suatu daerah. Kekosongan kekebalan ini terjadi akibat adanya akumulasi kelompok yang rentan terhadap difteri karena kelompok tersebut tidak mendapat vaksinasi atau tidak lengkap vaksinasinya.

Ini perlu diantisipasi pada vaksinasi Covid-19. Apalagi, mengingat saat ini proses vaksinasi akan berkejaran dengan lonjakan kasus per harinya. Karena itu dibutuhkan upaya strategis, sinergis, dan taktis agar cakupan dan kelengkapan vaksinasi tepat sasaran dan tepat waktu. Sudah saatnya menerapkan sistem berbasis teknologi dalam proses vaksinasi yang mana setiap penerima vaksin telah didata secara lengkap dan dipantau secara rutin dan terperinci.

Prioritas Sasaran
Hal lain yang juga tak kalah penting adalah sasaran vaksinasi. Pada tahap 2 vaksinasi nanti kelompok usia lanjut (≥ 60 tahun) akan jadi sasaran. Vaksinasi pada kelompok ini sering menghasilkan gejala infeksi yang relatif lebih tinggi.

Kemanjuran vaksin, jenis kekebalan, cakupan target, dan kecepatan distribusi secara signifikan akan memengaruhi efektivitas strategi dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai cakupan target.

Akankah vaksinasi menjadi solusi dan harapan baru dalam mengendalikan laju pandemi? Butuh waktu sekitar 16 bulan untuk melihat efikasi vaksinasi. Selama itu pula masyarakat tidak boleh lengah, baik dalam menjaga kedisiplinan protokol kesehatan maupun kedisiplinan vaksinasi. Vaksinasi menjadi harapan baru bagi kehidupan normal masyarakat Indonesia sekaligus sebuah solusi atas pandemi yang telah merenggut banyak hal dalam kehidupan, antara lain, hilangnya nyawa, turunnya kesehatan, melemahnya ekonomi, serta krisis sosial dan pendidikan.

Semoga kehidupan normal akan segera hadir lagi.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)