7 Pesan AHY untuk Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo

Rabu, 20 Januari 2021 - 10:37 WIB
loading...
A A A


Kemudian, kata Didik, tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, tugas pokok kepolisian adalah menegakkan hukum (law enforcement), termasuk menghadirkan keadilan, menjamin kebebasan, memberantas korupsi secara adil, transparan dan akuntabel, serta penanganan isu intoleransi dan jaminan pemenuhan HAM. Tugas ini tentu saja tidak mudah, karena pada satu sisi Polri memanggul harapan yang begitu besar dari rakyat. Akan tetapi pada sisi lain, institusi Polri menghadapi tantangan masih belum maksimalnya kepercayaan dari masyarakat.

Lalu, kata Didik, konsep resformasi Polri agar perwira-perwira Polri tetap netral dan independen dalam arti tidak ikut terlibat dalam urusan politik praktis. Bagaimana menyukseskan agenda pemberantasan korupsi di Tanah Air dan menjaga agar tidak ada lagi benturan antara KPK dan Polri dalam kewenangan tersebut.

Selain itu, kata Didik, konsep dan strategi Listyo agar tugas utama Polri untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan berbiaya murah tersebut dapat terwujud. Memberikan kesejahteraan pada anggota Polri, konsep untuk mencegah kejahatan-kejahatan transnasional seperti cyber crime berkembang luas di dalam masyarakat.

Yang terakhir, belakangan ini di beberapa tempat masih terjadi bentrokan antara TNI dan Polri yang begitu mencekam dan mengkhawatirkan kita semua. Didik ingin menanyakan apa yang Listyo Sigit Prabowo lakukan untuk mencegah bentrokan TNI-Polri seperti itu terjadi lagi.

(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)