Atasi Ancaman Demokrasi, AHY Ajak Anak Muda Berani Bersuara dan Bertindak

Selasa, 19 Januari 2021 - 14:53 WIB
loading...
Atasi Ancaman Demokrasi, AHY Ajak Anak Muda Berani Bersuara dan Bertindak
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak anak muda untuk berani bersuara dan bertindak terhadap hal-hal yang mengancam demokrasi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam tataran global, ada kecenderungan pada masa pandemi digunakan oleh sejumlah pemerintahan untuk konsolidasi kekuasaan, meningkatkan otoriteranisme dan karenanya mencederai demokrasi .

Berbicara dalam pembukaan pelatihan politik Emerging Leaders Academy yang diselenggarakan International Republican Institute (IRI), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan empat pola yang menguat belakangan ini di antaranya, politik identitas dan polarisasi; globalisasi dan penguatan oligarki; on-line disinformation; menurunnya kebebasan sipil dan fragmentasi masyarakat sipil.

Kepada para peserta yang datang dari berbagai latar belakang, AHY mengajak mereka untuk berkontribusi aktif dalam politik sambil mengingatkan tentang peran pemuda dalam momen-momen penting sejarah bangsa sejak 1928 sampai Reformasi 1998. "Why not now?" tanya AHY retoris.

Ada tiga hal yang ditawarkan AHY untuk dilakukan anak-anak muda yakni, pertama, berani bersuara dan tetap bertanggung jawab. AHY mencontohkan penolakan atas RUU HIP, Minerba dan RUU Ciptaker, yang tidak relevan pada masa pandemi dan masih mengandung banyak masalah. "Apakah RUU ini mengandung prinsip keadilan sosial (social justice) sesuai konsep ekonomi Pancasila yang diamanahkan oleh para founding fathers kita?" tanya AHY.

Kedua, aksi nyata. "Walk the talk," tegas AHY, "Pemuda itu harus berani tampil, turun langsung ke lapangan dan melakukan aksi-aksi nyata yang dapat berdampak positif bagi sekitar," ucapnya.

Terakhir, adalah sinergi dan kolaborasi. Ia mengajak anak-anak muda untuk bersama–sama melakukan perubahan dan menjadi bagian dari solusi atas permasalahan bangsa serta mencapai cita-cita besar bersama. "Membangun negara tidak bisa sendirian, apapun latar belakang kita," kata AHY.

IRI adalah lembaga nirlaba untuk pengembangan demokrasi global yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat. Emerging Leaders Academy ini merupakan program rutin yang mereka selenggarakan sebagai pelatihan politik bagi anak-anak muda. Politisi dari Nasdem, PKB dan PSI dijadwalkan mengisi acara ini.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)