Amien Rais: Mencari Teman Dalam Politik Memang Harus Hati-Hati

Senin, 18 Januari 2021 - 14:14 WIB
loading...
Amien Rais: Mencari Teman Dalam Politik Memang Harus Hati-Hati
M Amien Rais. Foto/YouTube Amien Rais Official
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua MPR RI M Amien Rais melihat dunia politik saat ini semakin pragmatis. Dia pun berpesan kepada para politisi daerah dan pusat agar berhati-hati dalam memililih teman dalam dunia politik ini.

Baca Juga: Sederet Catatan LPSK untuk Calon Kapolri, Salah Satunya soal Laskar FPI

Menurut Amien Rais , dunia politik kita makin lama makin pragmatis, makin jauh dari paradigma moral atau keagamaan. "Kita sering mendengar bahwa dalam politik itu tidak ada teman permanen atau musuh permanen, yang ada adalah kepentingan permanen," kata Amien, dikutip SINDOnews, Senin (18/1/2021), dari video berjudul Cara Memilih Sahabat Menurut Al-Qur'an yang tayang di Channel YouTube Amien Rais Official.

Baca Juga: Bahlil kepada Jokowi: Banyak Pengusaha yang Pencak Silat, Pak

Menurut Amien Rais , hal itu merupakan sesuatu yang tidak bermoral. "Karena, tidak ada patokannya, bergonta-ganti, musuh bisa berganti tiap masa tiap kali, teman yang tadinya sahabat, dimusuhi, berseberangan."



Kemudian, kata Amien Rais , juga ada dalam belantika dunia politik itu di seantero muka bumi, yang namanya demokrasi itu, ada semacam mantra, bahwa 'kalau Anda tidak tidak bisa mengalahkan lawan Anda, ya sudah bergabung saja'. "Dengan bergabung akan dapat serpihan-serpihan kekuasaan barangkali bisa dinikmati, daripada kalau kalah kemudian harus menunggu sampai putaran pemilu yang akan datang dan lain-lain," ujar mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini.



Amien Rais menambahkan, kita juga sering mendengar istilah 'politik dagang sapi'. Itu, menurut Amien Rais , rupa-rupanya adalah warisan dari zaman Belanda dulu. Di Amerika juga sangat populer, namanya 'dagang kuda'.

Pendiri Partai Ummat ini juga mengatakan, dalam kehidupan yang seperti itu akan menjadi sangat sekuler, pragmatis, duniawi, dan tidak ada lagi dimensi ukhrowinya. "Itu saya kira sangat tidak layak, mengapa? Karena kita kalau mencari teman dalam politik itu memang harus hati-hati," ujar Amien Rais.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)