Prajurit Marinir Turun Tangan Bantu Tangani Banjir Kalimantan Selatan

Minggu, 17 Januari 2021 - 17:41 WIB
loading...
Prajurit Marinir Turun Tangan Bantu Tangani Banjir Kalimantan Selatan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama rombongan saat turun meninjau banjir di Kalimantan Selatan, Sabtu (116/1/2021). FOTO/SINDOnews/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Sebanyak 27 prajurit dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kemanuasiaan, Penanggulangan Bencana Banjir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan , telah tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Tugas kemanusiaan tersebut dipimpin oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Kapten Marinir Heri S.

Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir Letkol Marinir Gugun Saeful Rachman menuturkan, setibanya di bandara para prajurit langsung menyiapkan perlengkapan yang diterbangkan dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan pesawat angkut A-I327 Hercules TNI Angkatan Udara.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem di Manado, PLN Imbau Masyarakat Melapor Jika Ada Ganguan Listrik

Adapun perlengkapan yang dibawa Satgas antara lain, perahu karet delapan buah, motor tempel (mopel) delapan buah, tanki bahan bakar 16 buah, dayung 32 buah alat selam empat set, alat mountenering dua set, HT Motorolla 12 set, serta swimvest 27 buah.



"Kedatangan Prajurit Korps Marinir TNI AL ini juga bersinergi dengan satuan lain dari Bekangair TNI AD dan Paskhas TNI AU untuk langsung menyiapkan segala materialnya menuju Denzipur 8/GM Banjarbaru agar segera bisa menjalankan misi kemanusiaan tersebut," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/1/2021).

Dia menuturkan, misi kemanusiaan yang dijalankan oleh prajurit Korps Marinir TNI AL ini merupakan perintah langsung dari Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suharton guna menjalankan perintah dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk membantu masyarakat yang sedang tengah banjir pada beberapa kota di Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Tuding Iran Buat Senjata Nuklir, Prancis Desak Perjanjian Nuklir Dihidupkan Kembali

Diberitakan sebelumnya, dalam bencana banjir di Kalimantan Selatan, 3.571 unit rumah terendam banjir di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. Bencana banjir besar ini disebabkan luapan Sungai Balangan dan Sungai Pitap.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2363 seconds (0.1#10.140)