DPR Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Sinergis Tangani Gempa Majene

Jum'at, 15 Januari 2021 - 15:24 WIB
loading...
DPR Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Sinergis Tangani Gempa Majene
Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin meminta BNPB, TNI, Polri, Kemensos, pemda serta seluruh stakeholder lainnya bersinergi dalam menangani gempa Majene, Sulbar. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR , Azis Syamsuddin meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, Kementerian Sosial (Kemensos), pemerintah daerah (pemda) serta seluruh stakeholder lainnya bersinergi dalam menangani gempa Majene , Sulawesi Barat (Sulbar). Serta, dapat segera mengirimkan bantuan dan membantu korban gempa di Majene dan sekitarnya di wilayah Sulawesi Barat.

"Seluruh pihak baik pusat dan daerah harus saling sinergis untuk mencari korban yang masih terjebak tertimpa bangunan serta segera membantu dan mengirimkan kebutuhan bantuan sarana dan prasarana ke lokasi bencana baik alat berat maupun ketersedian obat dan makanan serta penerangan pasca terjadinya Gempa," ujar Azis kepada wartawan, Jumat (15/1/2021). Baca juga: Gempa Majene, 8 Meninggal dan 637 Warga Luka-luka

Kemudian, lanjut politikus Partai Golkar ini, pemerintah pusat dan daerah harus segera mendirikan posko bencana dan kesehatan untuk mempersiapkan segala kebutuhan masyarakat yang menjadi korban dan terdampak.

"Serta meminta pemerintah dapat menanggung atau menggratiskan para korban jiwa untuk melakukan perawatan medis baik berat maupun ringan," kata Azis.

Legislator Dapil Lampung ini menegaskan jangan sampai para korban bencana ini merasa kesulitan dan juga kekurangan. "Kita harus dapat meringankan beban mereka dan mempersiapkan segala kebutuhan mereka baik kebutuhan sandang , pangan dan papan pasca gempa Sulawesi Barat," pungkasnya.

Diketahui pada dini hari tadi, tepatnya pukul 01.28 WIB terjadi gempa bumi yang mengguncang wilayah Majene dan sekitarnya. Gempa terakhir yang terjadi berkekuatan 6,2 Magnitudo dengan pusat gempa yang berada di 6 Km timur laut Majene, Sulawesi Barat dan terasa hingga wilayah Palu, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)