Bantu Indonesia Lawan Covid-19, Taiwan Serahkan 300.000 Masker Medis

Jum'at, 15 Mei 2020 - 12:50 WIB
loading...
Bantu Indonesia Lawan Covid-19, Taiwan Serahkan 300.000 Masker Medis
Kepala TETO John Chen (kanan) menyerahkan donasi masker ke pejabat BNPB (tengah) disaksikan pejabat dari Kemendag di Bandara Soetta, Kamis (14/5/2020). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masker medis yang disumbangkan oleh Taiwan kepada Indonesia untuk melawan Covid-19 telah tiba di Jakarta. Kepala kantor perwakilan Taiwan di Indonesia (TETO) John Chen mewakili pemerintah dan masyarakat Taiwan menyerahkan secara langsung 300.000 masker medis yang baru tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, Kamis 14 Mei 2020.

Bantuan diserahkan kepada pejabat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang mewakili pemerintah Indonesia untuk menerima sumbangan tersebut. Acara ini juga disaksikan oleh pejabat Kementerian Perdagangan Indonesia.

Bantuan tersebut sebagai bukti tekad "Taiwan dapat membantu" (Taiwan can help) dan "Taiwan terus membantu" (Taiwan is helping) dalam bantuan medis internasional. “Diharapkan bantuan ini dapat memperkuat persahabatan antara Taiwan dan Indonesia,” kata John Chen dalam siaran pers yang diterima SINDOnews. (Lihat grafis: Dunia Waspadai Penyebaran Covid-19 Gelombang Kedua )

John Chen mengatakan, prestasi Taiwan dalam mengatasi pandemi Taiwan telah diakui secara internasional. Taiwan berharap dapat berbagi pengalamannya dalam pencegahan pandemi dan pengembangan medis dengan negara-negara lainnya. Taiwan juga berharap diundang untuk menghadiri WHA (World Health Assembly) yang diadakan pada bulan ini, dan sepenuhnya diikutsertakan dalam mekanisme WHO yang terkait. (Baca juga: Mengintip Cara Taiwan Taklukkan COVID-19 tanpa Lockdown Total )

Pemerintah Indonesia sendiri telah membentuk gugus tugas untuk memerangi Covid-19. Tidak hanya secara aktif berjuang melawan pandemi di Indonesia, tetapi juga sepenuhnya bekerja sama dengan masyarakat internasional termasuk pemerintah seluruh negara untuk mengatasi Covid-19 ini. Hanya dengan bersatunya semua lapisan masyarakat, pandemi ini dapat segera diatasi.

Acara donasi masker medis yang disumbangkan ke Indonesia ini sebelumnya telah diadakan di Kementerian Luar Negeri di Taiwan, Selasa 12 Mei 2020. Wakil Menteri Kementerian Luar Negeri Taiwan, Hsu Szu-chien mewakili pemerintah dan masyarakat Taiwan menyumbangkan masker tersebut kepada pemerintah Indonesia, yang diwakili oleh Teddy Surachmat, Wakil Kepala kantor perwakilan Indonesia di Taiwan (KDEI).
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)