Serikat Mahasiswa Muslimin Siap Kawal Suksesi Kapolri

Rabu, 13 Januari 2021 - 14:45 WIB
loading...
Serikat Mahasiswa Muslimin Siap Kawal Suksesi Kapolri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz, yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ke DPR hari ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah mengirimkan nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz, yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ke DPR hari ini. Adapun Listyo Sigit Prabowo saat ini menjabat Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Menanggapi hal itu, Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) siap mengawal suksesi Kapolri yang namanya telah diserahkan oleh Presiden Jokowi ke DPR RI hari ini."Saatnya sekarang kita mengawal suksesi Kapolri. Sebab, nama kapolri yang dicalonkan oleh Presiden Jokowi merupakan orang terbaik," ujar Ketua Umum PB SEMMI, Bintang Wahyu Saputra di Jakarta, Rabu (13/1/2021).
Dengan sudah dikirimnya nama calon Kapolri itu, kata dia, maka saatnya DPR RI untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap figur yang dicalonkan oleh presiden. Dia meminta DPR RI melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri memang berdasarkan kinerja serta visi misi calon tersebut, tanpa harus menyinggung hal lain yang itu di luar tugas pokok dan fungsi Kapolri.

"Saya menilai nama yang diajukan oleh Presiden Jokowi, yakni Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo adalah sosok yang tepat untuk menjadi Kapolri. Selama ini saya melihat Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memiliki track record yang baik dan berhasil saat menjabat, mulai dari Kapolresta Surakarta hingga terakhir menjadi Kabareskrim Mabes Polri," tuturnya.

Selain itu, dia menilai Sigit juga memenuhi kriteria sehingga sudah dipastikan lolos fit and proper test di Komisi III DPR RI nanti. Dia menambahkan, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo adalah sosok polisi yang humanis, profesional dalam penegakan hukum dan namanya masih bersih.

"Melihat semua itu, maka pilihan Presiden Jokowi sudah sangat tepat. Dan PB SEMMI mendukung penuh Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0993 seconds (0.1#10.140)