Gelar Munas, Ika Usakti Perkuat Komitmen Dorong Kejayaan Indonesia

Selasa, 12 Januari 2021 - 13:14 WIB
loading...
Gelar Munas, Ika Usakti Perkuat Komitmen Dorong Kejayaan Indonesia
Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Trisakti (Ika-Usakti), Saidu Solihin (tengah). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Untuk menekan laju penularan Covid-19 di Indonesia, mulai 11 Januari hingga 25 Januari 2021, pemerintah salah satunya melalui aturan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19, menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali.

PPKM ada yang menyebutnya juga sebagai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Aturan yang telah ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian pada 6 Januari 2021 itu menginstruksikan kepala daerah di Jawa dan Bali untuk memberlakukan pembatasan kegiatan yang berpotensi menimbulkan penularan Covid-19.

Point dari PPKM/PSBB itu seperti membatasi tempat kerja perkantoran dengan menerapkan work from home (WFH) sebesar 75%, kegiatan sekolah dilakukan secara daring, tempat ibadah hanya boleh terisi 50%, dan pusat perbelanjaan atau mall beroperasi hanya sampai pukul 19.00.

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Trisakti (Ika Usakti) , Saidu Solihin mengatakan, pandemi Covid-19 yang melanda dunia juga menjadi keprihatinan dari alumni Universitas Trisakti, Jakarta.

Pandemi yang melanda tidak hanya memukul sektor kesehatan masyarakat namun juga sektor-sektor yang lain seperti ekonomi, wisata, kegiatan sosial masyarakat, bahkan kehidupan beribadah.

Saidu mendorong apa yang dilakukan oleh pemerintah baik melalui PSBB, pelaksanaan 3 M, serta vaksinasi mampu mempersiapkan kehidupan dengan kenormalan yang baru bagi masyarakat.( )

Meski demikian, kata dia, pandemi tidak membuat Ika Usakti menyerah pada keadaaan. Pada 23 Januari 2021, organisasi yang didirikan pada 18 Januari 1985 itu akan menggelar Munas IV Ika-Usakti.

Tema yang diusung dalam munas kali ini adalah Sinergi Kebersamaan Alumni Trisakti Demi Almamater dan Kejayaan Indonesia.

Ketika kali pertama dibentuk, Ika Usakti menaungi anggota sebanyak 6.000 alumni. “Di usia yang ke-36 bertambah dengan pesat menjadi 150.000 alumni,” ujar Saidu yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Pialang Efek Indonesia dalam siaran persnya yang diterima SINDOnews, Selasa (12/1/2021).

Meski digelar dalam masa PPKM/PSBB, pria yang sedang menempuh pendidikan Doktor di bidang ekonomi dari Universitas Trisakti ini menegaskan acara yang diadakan tetap mengacu pada aturan pemerintah, yakni penuh kehati-hatian dengan memperhatikan secara seksama dalam menjalankan saran pemerintah untuk pelaksanaannya dan mengikuti Protokol kesehatan yang ketat terhadap bahaya wabah pandemi Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)