Nama Komjen Listyo Sigit Menguat Jadi Kapolri, Ini Profilnya

loading...
Nama Komjen Listyo Sigit Menguat Jadi Kapolri, Ini Profilnya
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Sigit Listyo Prabowo. Foto/ dok Polri
JAKARTA - Nama calon-calon Kapolri santer beredar seiring mendekatnya masa pensiun Jenderal Polisi Idham Azis. Dari lima nama berpangkat komisaris jenderal (komjen), nama Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo disebut-sebut memiliki kans besar menjadi Kapolri.

Pengamat Intelijen dan Keamanan, Stanislaus Riyanta menilai Kabareskrim Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang berpeluang dipilih Presiden Jokowi.

"Dari sisi rekam jejak dan kemampuan tentu sangat baik. Namun ada catatan khusus, bahwa usia kerja Sigit masih cukup panjang hingga 2027," katanya, Selasa (11/1/2021).

Siapakah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo? Berikut profil dan rekam jejaknya.



Pria kelahiran Ambon, Maluku, 5 Mei 1969 itu adalah perwira jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Selama ini, Sigit dikenal dekat dengan Presiden Jokowi. Kedekatan itu diperkuat saat Sigit bertugas sebagai ajudan Presiden pada 2014-2016.

Kedekatan Sigit dan Jokowi terbangun dalam peristiwa yang mengguncang Solo pada September 2011, yakni bom bunuh diri di halaman Gereja Bethel Injil Sepenuh, Kepunton. Bom itu meledak hanya berselang lima bulan setelah Sigit dilantik menjadi Kapolres Solo. (Baca juga: Ini Sederetan Pengungkapan Kasus Besar Bareskrim di Bawah Komando Listyo Sigit Prabowo )

Peristiwa bom itu cukup memukul karena tiga hari kemudian, Solo mesti menjadi tuan rumah Asian Parliamentary Assembly atau Majelis Parlemen Asia. Pada saat yang sama, Jokowi sedang gencar mempromosikan Solo sebagai destinasi wisata.



Sigit lalu meyakinkan bahwa Solo aman. Dia bergerak mengamankan acara internasional itu dengan memulihkan kepercayaan wisatawan, jua pendatang.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top