Presiden Disebut-sebut Sudah Kantongi Satu Nama Calon Kapolri

Sabtu, 09 Januari 2021 - 09:53 WIB
loading...
Presiden Disebut-sebut Sudah Kantongi Satu Nama Calon Kapolri
Peta bursa Kapolri yang akan menggantikan Jendral Idham Azis makin ramai menjadi perbincangan. Hal tersebut usai Kompolnas mengirimkan rekomendasi lima nama. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peta bursa calon Kapolri yang akan menggantikan Jendral Idham Azis semakin ramai menjadi perbincangan. Hal tersebut usai Kompolnas mengirimkan rekomendasi lima nama.

(Baca juga: Ini Profil Singkat 5 Calon Kapolri yang Diserahkan Kompolnas ke Presiden Jokowi)

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Hasibuan mengatakan, saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi satu nama calon Kapolri yang bakal menggantikan Idham Azis.

(Baca juga: Menebak Calon Kapolri Pilihan Presiden Jokowi)

"Kami berpendapat Pak Presiden (Jokowi) sudah mengantongi satu nama calon Kapolri ," ujar Edi saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (9/1/2021).

(Baca juga: Istana Sebut Presiden Belum Kirim Nama Calon Kapolri Ke DPR)
Presiden Disebut-sebut Sudah Kantongi Satu Nama Calon Kapolri

Bahkan ia menilai, dalam waktu dekat ini, nama tersebut bakal dikirim Jokowi ke DPR untuk tahapan fit n proper test. Dengan begitu pun bakal terlihat sosok yang dipilih Jokowi untuk menjadi kepala Korps Bhayangkara ini.

"Tidak terlalu lama, nama itu akan dikirim presidem ke DPR," bebernya.

Sebelumnya diketahui, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan 5 nama jenderal sebagai calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Penyerahan sejumlah nama itu dibenarkan oleh Ketua Kompolnas sekaligus Menko Polhukam, Mahfud MD.

Mahfud mengatakan, kelima jenderal tersebut seluruhnya berpangkat Komjen atau bintang tiga.Mereka adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar, dan Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, ada nama Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)