Haedar Nashir: Roda Kehidupan Memang Harus Berjalan, tapi Jangan Pakai Standar Normal

Senin, 04 Januari 2021 - 22:50 WIB
loading...
Haedar Nashir: Roda Kehidupan Memang Harus Berjalan, tapi Jangan Pakai Standar Normal
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 belum juga berakhir dan masih meninggi. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir pun mengimbau semua pihak termasuk warga Muhammadiyah untuk tidak kendor menghadapi Covid-19.

Haedar Nashir mengatakan, telah banyak kerabat, orang-orang tercinta, dan saudara sebangsa di sekitar kita yang terkonfirmasi positif dan dipanggil Allah ke haribaan-Nya terkait pandemi ini.

"Penderitaan dan dampak dari wabah Covid-19 ini sangatlah luas dan berat. Karenanya, ringankanlah musibah ini, antara lain dengan tetap menegakkan disiplin dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat serta tidak mengadakan acara-acara yang berpotensi menjadi media penularan," demikian dikutip dari akun Instagram @haedarnashirofficial, Senin (4/1/2021) malam.

Haedar mengatkan, kita berharap agar pandemi ini segera berakhir. Namun, bila usaha kita kendor dan disiplin masyarakat longgar disertai sikap lalai atau cenderung menyepelekan, maka kita akan makin berat menghadapinya.

( ).

"Ingat beban rumah sakit dan tenaga kesehatan kian berat, mereka berada di garda depan sekaligus benteng terakhir dalam melawan Covid-19," ujarnya.

Menurutnya, jika kita tidak mau berbagi dengan cara menegakkan disiplin 3T dan 3M, siapa lagi yang akan meringankan beban berat hadapi pandemi ini? "Roda kehidupan memang harus berjalan. Tapi jangan memakai standar normal. Pakailah patokan, kondisi saat ini masih darurat, maka cegah kedaruratan dan hal yang menimbulkan darurat."

( ).

Dia pun mengingatkan agar masyarakat berpikir ulang bila ingin pergi maupun melakukan kegiatan dan upacara yang melibatkan banyak orang atau kerumunan. Manakala bisa ditunda dan tidak perlu dilakukan, sangat bijaksana bila tidak dilakukan. "Bila kita memaksakan diri dan ceroboh, dampaknya bukan untuk diri sendiri tetapi juga bagi orang lain."

Dia pun mengajak warga, kader, dan pimpinan Muhammadiyah di mana pun berada harus menjadi uswah hasanah dalam menerapkan 3T dan 3M serta disiplin sosial tinggi. Jangan abai dan lalai serta merasa sudah aman dari Covid-19.

Sebaiknya tidak mengadakan kegiatan-kegiatan luring yang melibatkan banyak orang yang berpotensi menjadi media penularan Covid-19. Bila tidak dapat memberi solusi, maka jangan menambah masalah makin berat dan berisiko tinggi.

"Semuanya harap menahan diri dan menjadi suri teladan bagi masyarakat luas sebagai wujud ihsan. Bukankah warga Muhammadiyah ingin menjadi Khaira Ummah?" pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)