Soal Calon Kapolri, Presiden Jokowi Dinilai Lebih Suka Situasi Tenang Daripada Buat Gaduh

Rabu, 30 Desember 2020 - 06:15 WIB
loading...
Soal Calon Kapolri, Presiden Jokowi Dinilai Lebih Suka Situasi Tenang Daripada Buat Gaduh
Bursa isu calon Kapolri terus bergulir hingga saat ini. Saling klaim nama pengganti Jenderal Idham Azis pun menghiasi pemberitaan media massa. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bursa isu calon Kapolri terus bergulir hingga saat ini. Saling klaim nama pengganti Jenderal Idham Azis pun menghiasi pemberitaan media massa belakangan ini menyusul menjelang pergantian tahun 2020.

Meskipun klaim itu tidak dilontarkan oleh masing-masing calon berpangkat Komjen yang disebut-sebut berpotensi menjadi Kapolri selanjutnya. Melainkan melalui mulut pihak eksternal dari lembaga Polri.

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) menilai bahwa, Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih suka situasi yang tenang daripada membuat gaduh terkait dengan bursa calon Kapolri.

"Pak Presiden lebih suka situasi yang tenang daripada gaduh. Saya kira Presiden tentu akan mencari Kapolri yang bagus. Yang sosoknya mirip pak Idham dan Tito (Karnavian)," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Saling klaim nama-nama yang disebut-sebut sudah mengerucut itu, kata Edi, justru hanya menimbulkan persepsi negatif di masyarakat. Apalagi, sampai saat ini pihak Istana khususnya Presiden yang memiliki hak prerogatif menunjuk Kapolri belum bersuara terkait hal itu.

Kendati begitu, Lemkapi memprediksi bahwa Presiden Jokowi sebetulnya sudah mengantongi nama yang akan menggantikan Idham Aziz ke depannya. (Baca juga; Kompolnas Bantah Kirim Rekomendasi Calon Kapolri ke Presiden Hari Ini )

"Saya kira juga begitu. Presiden kami yakin sudah punya satu nama calon Kapolri. Dalam waktu dekat bakal diajukan Presiden ke DPR. Kita tunggu saja siapa nama yang diajukan Presiden," ujar eks Komisioner Kompolnas itu.

Mengenai pergantian Kapolri, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan dalam waktu dekat akan mengirimkan sejumlah nama jenderal polisi sebagai calon Kapolri ke Presiden Jokowi.

Menjelang pergantian tahun masa kepemimpinan Idham Azis sebagai Kapolri akan semakin mendekati pensiun. Dia akan pensiun sekitar bulan Februari. (Baca juga; DPR Tunggu Surat Presiden untuk Uji Kepatutan Calon Kapolri )

"Dalam waktu dekat akan kami (Kompolnas) sampaikan nama-nama calon Kapolri kepada Bapak Presiden," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti saat dikonfirmasi Okezone terpisah beberapa waktu lalu.

Kendati begitu, Kompolnas menyebut sampai saat ini pihaknya masih terus menyaring sosok-sosok perwira tinggi Polri yang dinilai layak menggantikan Jenderal Idham Azis. Sehingga, belum ada nama yang mengerucut untuk sosok Kapolri selanjutnya. "Belum. Kami sedang menyaring," ujar Poengky.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)