Kompolnas Ungkap 3 Kriteria Utama Sosok yang Bakal Jadi Kapolri

Sabtu, 26 Desember 2020 - 18:04 WIB
loading...
Kompolnas Ungkap 3 Kriteria Utama Sosok yang Bakal Jadi Kapolri
Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan, masih menyaring sosok Komjen untuk dijadikan rekomendasi calon Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan, masih menyaring sosok Komjen untuk dijadikan rekomendasi sebagai calon Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

(Baca juga: Masih Saring Nama Calon Kapolri, Kompolnas Segera Setor ke Jokowi)

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menjelaskan, rekomendasi akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), terhadap sosok perwira tinggi berpangkat Komjen yang memiliki segudang prestasi dan mempunyai integritas.

(Baca juga: Godok Nama Calon Kapolri, Ini yang Dilakukan Kompolnas)

"Yang akan kami rekomendasikan adalah yang prestasi, integritas dan track recordnya terbaik untuk jadi Kapolri," kata Poengky saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

(Baca juga: Bursa Calon Kapolri Pengganti Idham, Tiga Sosok Ini Dinilai Punya Peluang)

Menurut Poengky, kriteria-kriteria Komjen yang dipilih untuk melanjutkan trah kepemimpinan di Korps Bhayangkara juga menyerap aspirasi serta masukan dari seluruh elemen masyarakat.

"Kami saring sesuai kriteria FGD Kompolnas dengan internal Polri, tokoh masyarakat dan purnawirawan Polri," ujar Poengky.

Di sisi lain, Kompolnas juga memastikan bursa Kapolri juga akan diikuti oleh perwira yang berpangkat Komjen. Mengingat, itu aturan yang berlaku dalam Undang-Undang (UU).

"Komjen. Aturan Pasal 11 Ayat (6) UU 2/2002 kan mensyaratkan pangkat tertinggi setelah Kapolri, jadi ya bintang 3," ucap Poengky.

Menjelang pergantian tahun masa kepemimpinan Idham Azis sebagai Kapolri akan semakin mendekati pensiun. Ia akan pensiun sekira bulan Februari.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)