Bangkitkan Parekraf, Sandiaga Pakai Pendekatan Big Data dan Kolaborasi

Jum'at, 25 Desember 2020 - 22:07 WIB
loading...
Bangkitkan Parekraf, Sandiaga Pakai Pendekatan Big Data dan Kolaborasi
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno punya jurus jitu memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terhantam pandemi virus Corona. Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf ) Sandiaga Salahudin Uno punya jurus jitu memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terhantam pandemi virus Corona (Covid-19). Di antaranya dengan menggunakan pendekatan teknologi big data untuk memetakan potensi di sektor tersebut.

(Baca juga: 7 Fakta Menarik dari Menparekraf Baru, Sandiaga Uno)

Hal itu seperti disampaikan Sandiaga saat memberikan keterangan pers di Istana Negara, Selasa 22 Desember 2020 lalu. Keterangan itu juga menjawab pekerjaan rumah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta Sandi agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan di masa pandemi.

"Strategi yang mungkin bisa diadopsi adalah strategi inovasi dengan menggunakan pendekatan teknologi, menggunakan pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan dan memastikan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan," kata Sandiaga, Jumat (25/12/2020).

(Baca juga: Sandiaga Gabung Kabinet Indonesia Maju, Prabowo: Selamat Bertugas)

Melalui pendekatan teknologi dan pengutamaan protokol kesehatan di setiap lini, Sandiaga berharap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tidak hanya bertahan tetapi juga menangkap peluang di tengah pandemi.

"Tapi bukan hanya survive tapi juga menangkap peluang. Karena kita sekarang menghadapi pandemi, mendahulukan kesehatan dan keselanmatan di setiap destinasi pariwisata dan setiap lini ekonomi kreatif adalah keharusan," kata Sandiaga.

Tak hanya mengandalkan pendekatan teknologi, Sandiaga juga menekankan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan baik di pusat dan daerah dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga puluhan juta lapangan kerja di sektor ini bisa aktif kembali.

"Kita akan berkolaborasi dengan seluruh Kmenterian/Lembaga, pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, Provinsi Kabupaten/Kota, akademisi, universitas, masyarakat, dunia usaha, hingga seluruh asosiasi yang tergabung dalam sektor ini," ucap Sandiaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)