Dongkrak Kinerja Kabinet!

Rabu, 23 Desember 2020 - 06:00 WIB
loading...
A A A
"Jangan sampai malah membebani Presiden sampai menjadi tersangka korupsi. Makanya, integritas menjadi penting supaya tidak menjadi beban dan mencoret citra Presiden sendiri. Harus diberikan komitmen tegas agar tidak memperkaya diri, kelompok maupun golongan. Tetapi membantu bangsa dan negara yang sedang mengalami masa sulitnya," katanya.



Apresiasi dan Harapan
Apresiasi dan harapan reshuffle akan diikuti dengan perbaikan kinerja kabinet kemarin disampaikan berbagai kalangan, di antaranya Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Tb Ace Hasan Syadzily.

Robikin Emhas berharap para menteri baru bisa mendongkrak kinerja kabinet. Dia menandaskan, dalam sistem presidensial, kewenangan membentuk kabinet sepenuhnya ada di tangan presiden, termasuk dalam melakukan perombakan (reshuffle) kabinet.

Dia pun menegaskan harapannya agar nama-nama menteri baru yang ditunjuk Jokowi dapat mewujudkan visi dan misi sebagaimana yang disampaikan Jokowi-KH Ma'ruf Amin selama masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu. "Kita berdoa semoga para pembantu presiden dapat mengamban amanah dengan baik sehingga sukses dalam menjalankan tugas," ujar dia.

Haris Pertama menilai nama-nama menteri baru yang dipercaya Jokowi memiliki kompentensi yang diharapkan. Dia misalnya menyebut pilihan Jokowi terhadap Risma dan Sandiaga Uno dinilainya sangat tepat. Untuk Risma, dalam pandangannyasudah terbukti menorehkan banyak prestasi selama memimpin Kota Surabaya sejak 2010, Risma dua kali dinobatkan sebagai wali kota terbaik dunia pada 2014 dan 2015. Dia kreatif dan inovatif tapi tetap sederhana dan tak jumawa.

"Bu Risma memiliki jiwa sosial yang tinggi dan juga dekat dengan rakyat selamat menjadi Wali Kota Surabaya 2 periode," ujar Haris dalam keterangannya, Selasa (22/12/2020). ( )

Dia juga meyakini Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dapat meningkatkan pariwisata Indonesia meski di tengah pandemi. "Sandi juga mempunyai visi yang lebih bagus. Oleh karena itu saya semakin yakin bahwa Sandiaga Uno dapat membangun pariwisata Indonesia dengan kemampuan dan pengalamannya serta memberi manfaat kepada para pelakunya," katanya.

Adapun Tb Ace Hasan Syadzily juga berharap masuknya nama-nama baru dalam jajaran kabinet mampu memacu kinerja pemerintahan ke arah lebih baik. Secara khusus, dia menitipkan harapannya kepada Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PKB, Yaqut Cholil Qoumas, yang dipercaya sebagai menteri agama.

"Selamat untuk Gus Yaqut yang dipercaya menjadi Menteri Agama RI. Beliau pantas menduduki jabatan tersebut karena pandangan keagamaannya diharapkan menebarkan moderasi beragama," ujar Ace kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)