Ibu, Pelopor Pembentuk Karakter Bangsa

Selasa, 22 Desember 2020 - 06:25 WIB
loading...
A A A
Sistem pengajaran yang semula dipasrahkan sepenuhnya kepada guru, kini berubah. Ibu turut berperan dalam mewujudkan sistem pengajaran itu. Tugas ibu bertambah. Fenomena yang semakin menguatkan bahwa peran ibu sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.

Ibu mendampingi dan mendidik anak. Dia juga memberi semangat kepada anak-anaknya dalam menimba ilmu. Tak jarang, ibu memberi inspirasi kepada anak-anaknya untuk menjadi manusia yang baik dan terpuji. Menjadi manusia unggulan yang patut dibanggakan.

Pada masa sekarang, ibu memiliki tantangan yang luar biasa. Perkembangan teknologi mampu memengaruhi paradigma tumbuh kembang pendidikan anak. Dampaknya, perubahan perilaku yang bisa mengarah ke positif ataupun negatif. Ibu kembali memiliki tugas dan peran baru.

Sosok perempuan tersebut harus bisa menjadi penyaring segala bentuk informasi yang masuk kepada sang anak. Ibu juga harus mampu memberi fondasi yang kuat kepada anak. Fondasi iman dan takwa yang akan membentengi anak dari perilaku negatif.

Dengan begitu, karakter anak bisa tertata sejak dini. Ibu memiliki jasa besar dalam bidang pembangunan karakter. Ibu membina dan membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, hingga budi pekerti. Tanpa disadari, ibu merupakan pelopor pembentuk karakter bangsa.

Pada masa pandemi Covid-19, peran ibu sangat dibutuhkan. Ibu memahami apa yang menjadi kebiasaan sang anak. Karena itu, peran ibu untuk mengingatkan kepada anak dan keluarga untuk menerapkan standar protokol kesehatan sangat penting.

Langkah tersebut diyakini mampu mencegah penularan virus di lingkungan keluarga. Ibu bisa menjadi pionir bagi keluarganya. Setiap hari mengingatkan dan menerapkan standar protokol kesehatan di lingkungan keluarga.

Momentum Hari Ibu menjadi renungan bersama. Mereka yang berposisi menjadi seorang ibu harus memahami tantangan dan peran yang dimiliki. Dengan memahami itu, ibu bisa melakukan dan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Tangan dingin seorang ibu memengaruhi pembentukan karakter anak. Perilaku anak bisa menjadi cerminan bangsa pada masa mendatang. Sebab, anak merupakan generasi pada masa mendatang.

Generasi yang memiliki karakter baik akan membawa bangsa menjadi baik. Sebaliknya, generasi dengan karakter yang kurang baik, akan memengaruhi perkembangan bangsa pada masa mendatang. Nasib bangsa banyak ditentukan oleh peran ibu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)