Amien Rais Getol Bela Habib Rizieq, Pengamat: Anggap Saja Mencoba Peruntungan di 2024

Sabtu, 19 Desember 2020 - 08:30 WIB
loading...
Amien Rais Getol Bela Habib Rizieq, Pengamat: Anggap Saja Mencoba Peruntungan di 2024
Amien Rais dan Habib Rizieq Shihab. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tokoh Reformasi M Amien Rais getol membela Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab . Bahkan, Amien bersama sejumlah tokoh bersedia menjadi penjamin agar Habib Rizieq dilepaskan dari tahanan. Adakah kaitannya dengan 2024?

(Baca juga : Diplomat Jerman Datangi Markas FPI, Pengamat: Itu Sudah Biasa untuk Himpun Informasi )

Menurut Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (SUDRA) Fadhli Harahab langkah Amien Rais tersebut dinilainya memiliki agenda politik, setidaknya untuk menyongsong 2024.

(Baca juga : Koalisi Masyarakat Sipil Nilai Perpres TNI Tangani Terorisme Multitafsir )

Menurut Fadhli, publik tak perlu putar otak berlebihan untuk melihat kiprah Amien Rais saat ini. "Dia sekarang mendirikan Partai Ummat , tokoh oposisi di barisan pemerintahan Jokowi. Ya anggap saja lagi mencoba peruntungan di 2024," ujarnya saat dihubungi SINDOnews, Sabtu (19/12/2020).

(Baca juga : Tegas! Jokowi Pegang Teguh Aturan Jabatan Presiden 2 Periode )

Fadhli menuturkan, untuk menilai sepak terjang seorang tokoh politik tak bisa dilihat dari 'panggung depan'. Menurutnya, publik harus melihat secara bebas dari kacamata kepentingan politik dan dinamika politik yang berkembang.

( ).

Menurut dia, siapa pun akan dibela Amien Rais asal mereka sejalan dengan langkah politiknya. Dan, jika Amien tak berkepentingan di 2024, setidaknya figur yang didukungnya bisa moncer di panggung politik.

"Ya walaupun 'tesisnya' nggak selalu tepat. Prabowo misalnya, dia ( Amien Rais ) dukung kalah terus. Nah, mungkin sekarang Amien mau dorong Rizieq Shihab ke pentas nasional karena ada momentum," kata analis sosial politik asal UIN Jakarta ini.

(Baca juga : Mengerikan Sakaratul Maut Bagi Orang Zalim, Simak Tausiyah Ini )

Lebih lanjut Fadhli mengatakan, soal siapa yang diuntungkan dari pembelaan Amien kepada Rizieq, salah satunya partai yang baru didirikannya tersebut. Ia melihat ceruk pemilih Islam saat ini menguntungkan bagi figur-figur tertentu.

( ).

"Di sinilah tabiat politik Amien keluar. Boleh jadi dia sedang menyiapkan skema menduetkan figur pilihannya dengan Rizieq atau figur yang didukung Rizieq. Karena 2024, boleh jadi Amien sudah tak main bareng lagi sama Pak Prabowo. Dia lagi mantau figur alternatif," ujar dia.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)