PGI dan KWI Apresiasi Pilkada 2020 Berlangsung Aman dan Lancar

Minggu, 13 Desember 2020 - 12:32 WIB
loading...
PGI dan KWI Apresiasi Pilkada 2020 Berlangsung Aman dan Lancar
Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Pdt, Gomar Gultom, menyambut dengan rasa syukur atas telah berlangsungnya Pilkada Serentak. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia ( PGI ), Pdt, Gomar Gultom, menyambut dengan rasa syukur atas telah berlangsungnya Pilkada Serentak 9 Desember 2009 dengan aman, lancar, dan dijalankan di tengah pandemi dan dengan protokol kesehatan Covid-19 (virus Corona) yang baik.

(Baca juga: Klaim Menangi Lima Pilkada, Sekjen PDIP: Bukti Bali Adalah Basis)

Keberhasilan ini layak diapresiasi sebagai cermin solidaritas dan sinergi para penyelenggara Pilkada, pemerintah pusat dan daerah serta seluruh rakyat dalam menjalankan salah satu instrumen demokrasi yang sangat penting.

"Saya atas nama Persekutuan Gereja-gereja Indonesia, mengucapkan syukur dan terimakasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas keberhasilan penyelenggaraan Pilkada ini," kata Pdt Gomar Gultom, ketua umum organisasi gereja beranggotakan 89 gereja Kristen Protestan di seluruh Indonesia itu, Minggu (13/12/2020).

"Apresiasi juga perlu disampaikan kepada KPU, Bawaslu dan pemerintah, khususnya Kementerian Dalam Negeri, yang secara proaktif dan antisipatif merencanakan dan merealisasikan secara terukur dan sistematis seluruh tahapan hajatan demokrasi ini di tengah pandemi Covid-19. Sehingga dapat berjalan lancar dan tidak menciptakan klaster baru penyebaran Covid-19," tambahnya.

(Baca juga: PBNU Apresiasi Pilkada Serentak 2020 Berjalan Lancar

Sebelumnya, ada kehawatiran bahwa Pilkada 2020 yang digelar di tengah situasi pandemi Covid-19 mengancam keselamatan warga karena berpotensi menjadi tempat berkembangnya kluster-kluster baru penyebaran virus.

Namun, menurut Pdt Gomar Gultom, yang mengakui memantau prosesi di TPS melalui jaringan umat dan pengurus PGI di 270 daerah, penegakan secara ketat protokol kesehatan serta sosialisasi masif dari pemangku kepentingan tentang 3M, membuat kekhawatiran tersebut tidak terjadi.

Mengutip data Satgas Mengutip pendapat Satgas Penanganan Covid-19 Nasional yang mengatakan tingkat kepatuhan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi ini, yang sangat tinggi, berkisar di angka 89 persen hingga 96 persen, Pdt Gomar Gultom mengatakan ini merupakan prestasi bersama bangsa Indonesia dalam menjaga nilai-nilai demokrasi dan menjaga kesehatan, serta keselamatan bersama.

"Apresiasi patut disampaikan atas langkah-langkah pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, yang dipimpin oleh Bapak Tito Karnavian, dengan sangat serius telah mendukung pelaksanaan Pilkada kali ini bukan hanya melalui anggaran, tetapi terlebih lagi dalam merumuskan dan mengimplementasikan regulasi Pilkada di masa Pandemi Covid-19. Langkah-langkah tersebut telah mendongkrak kepercayaan publik untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara," ucap Pdt Gomar Gultom.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)