Klaim Menangi Lima Pilkada, Sekjen PDIP: Bukti Bali Adalah Basis

Sabtu, 12 Desember 2020 - 12:21 WIB
loading...
Klaim Menangi Lima Pilkada, Sekjen PDIP: Bukti Bali Adalah Basis
Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, Pilkada Serentak 2020 yang digelar di enam wilayah di Provinsi Bali semakin mengukuhkan Pulau Dewata adalah basis PDIP.

Hasto mengatakan lima dari enam pilkada tersebut berhasil dimenangkan oleh kader murni partai. "Ini menjadi bukti bagaimana Bali secara kultural dan historis manjadi basis utama partai. Paling menarik adalah keberhasilan kader PDI Perjuangan merebut kemenangan di Pilkada Karangasem. Dalam perspektif spiritual, kemenangan di Karangasem sangat penting. Kemenangan di Karangasem semakin mendorong pentingnya membumikan falsafah Trihita Karana. Terlebih dengan kemenangan di Tabanan, Gianyar, Denpasar, Badung dan Bangli. Matur Suksma," tutur Hasto, Sabtu (12/12/2020).

Ketua DPD PDIP Provinsi Bali, I Wayan Koster menjelaskan lima pasangan calon yang diusung partai menjadi pemenang. Mereka I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Tabanan), I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa (Karangasem), Sang Nyoman Sedana Artha-I Wayan Diar (Bangli), I Gusti Ngurah Jayanegara-I Kadek Agus Arya Wibawa (Denpasar), I Nyoman Giri Prasta-I Ketut Suiasa (Badung).

"Kerja kader serta simpatisan partai kita sangat militan dan masyarakat juga punya harapan besar kepada calon kita. Calon yang kita usung adalah aspirasi dari bawah, yang kemudian diperjuangkan oleh Mas Prananda (Prananda Prabowo) untuk mendapat persetujuan dari Ibu Ketua Umum. Selama ini Mas Prananda memang unsur DPP yang sangat memperhatikan Bali," tutur Koster.( )

"Mas Prananda selalu memberi arahan untuk mengonsolidasikan partai agar semua bekerja dengan gotong royong dan membangun sinergi bersama masyarakat. Itu arahan Mas Prananda yang sejalan dengan ajaran Bung Karno serta Ibu Megawati," lanjutnya,

Masih soal Karangasem, kata dia, PDIP mengakui bahwa kemenangannya istimewa. Sebab yang dilawan adalah pasangan petahana. I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa juga 'dikeroyok' oleh 70 persen partai politik yang mendukung lawan. Selain itu, secara finansial, pasangan dari PDI Perjuangan menghadapi lawan yang kemampuannya sangat besar.(Baca juga: Ganjar Puncaki Survei Calon Presiden 2024, Politikus PDIP: Bagus... )

"Kekuatan kebersatuan dengan rakyat yang kita usung membuat kita yang justru jadi pemenang di Karangasem," tutur dia.

Dia menambahkan, yang kalah cuma di Jembrana. Dan menurut Koster, pasangan calon yang diusung partainya hanya kurang beruntung saja di saat-saat akhir jelang pencoblosan. Tentu hal ini akan menjadi bahan evaluasi DPD PDI Perjuangan Bali. Namun hal tersebut tak mengurangi bahwa 'Bali tetap Merah'.

"Bali tetap merah. Kita dominan. Dulu Karangasem dan Klungkung yang tak dipimpin PDI Perjuangan. Tapi sekarang keduanya dapat. Apalagi semua kepala daerahnya adalah kader murni PDI Perjuangan," jelas dia.

Koster menegaskan para calon kepala daerah pemenang itu adalah kader partai. Baik itu yang di Bangli, Denpasar, Badung, Tabanan, maupun Karangasem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)