Nama-nama Ini Dinilai Layak Jadi Cawapres jika Ganjar Nyapres

Sabtu, 12 Desember 2020 - 14:27 WIB
loading...
Nama-nama Ini Dinilai Layak Jadi Cawapres jika Ganjar Nyapres
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menaiki mobil orasi buruh saat unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Jawa Tengah, Senin (12/10/2020). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo adalah satu dari sejumlah nama tokoh yang digadang-gadang sebagai calon presiden (Capres) di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Elektabilitas pria kelahiran Karanganyar ini pun lumayan moncer di berbagai survei belakangan ini.

(Baca juga : Skema Cawapres Masih Mungkin Anies Bersanding dengan Prabowo di 2024 )

Bahkan, berdasarkan hasil sementara survei online Litbang SINDO Media sejak 24 November 2020, Ganjar Pranowo berada di posisi puncak teratas. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dijagokan oleh 51% responden.

(Baca juga : Perwakilan Kedua Partai, Prabowo-Puan Bisa Manfaatkan Momentum untuk 2024 )

Lalu, siapa saja tokoh yang layak menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo jika memang Ganjar maju sebagai Capres di Pilpres 2024 mendatang?

"Saya kira dalam komposisi pasangan calon Pilpres yang akan menjadi pertimbangan ada beberapa hal," ujar Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Sabtu (12/12/2020).( )

Pertama, kata Arif, bagaimana dampak elektabilitasnya jika mengambil pasangan misal saja tokoh A. Kedua, lanjut dia, memiliki kecocokan atauchemistry dengan cawapresnya, sehingga mudah dalam mengelola negara ketika terpilih.

"Ketiga, dukungan parpol pengusung apakah setuju atau tidak setuju. Dari pertimbangan-pertimbangan tersebut maka kemudian ada banyak kompromi yang mesti dilakukan," tuturnya.( )

Namun, menurut dia, yang akan menjadi pertimbangan utama adalah tingkat elektabilitas dan dukungan Parpol.

Adapun nama-nama yang dianggapnya layak bisa menjadi cawapres mendampingi Anies jika maju manjadi capres, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir, Gunernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)