Gandeng Netizen, MPR Berikan Pemahaman 4 Pilar kepada Kaum Milenial

Selasa, 08 Desember 2020 - 21:06 WIB
loading...
Gandeng Netizen, MPR Berikan Pemahaman 4 Pilar kepada Kaum Milenial
Kegiatan Warganet Jakarta Ngobrol Bareng MPR RI yang berlangsung di Jakarta, Selasa (8/12/2020). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pengguna media sosial (medsos) di Tanah Air semakin banyak, terutama dari kalangan muda. Mereka dinilai perlu diberikan pemahaman mengenai Empat Pilar, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono mengatakan, generasi muda atau generasi milenial harus diberikan pemahaman mengenai nilai-nilai nasionalisme.

"Tentu MPR punya kepentingan yang besar dalam rangka melaksanakan amanat untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila, menceritakan konstitusi NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika yang kita sebut Empat Pilar MPR," ujarnya di sela kegiatan Warganet Jakarta Ngobrol Bareng MPR di Jakarta, Selasa (8/12/2020).

MPR pun menggandeng para warganet atau netizen yang memiliki follower dalam jumlah banyak untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR.

Ma'ruf menilai para netizen atau warganet adalah suatu komunitas entitas yang sangat strategis untuk menjadi duta dalam menjembatani penyebaran informasi kepada masyarakat di segmentasinya.

"Jadi segmentasinya kenapa sih para netizen memiliki follower, memiliki kekhususan gitu, ya ada interaksi di antara mereka sehingga kalau nilai-nilai itu dipahami oleh mereka semua, paling tidak para netizen akan mampu bisa mencerahkan," tuturnya.( )

Ma'ruf mengatakan, keterlibatan netizen dalam menyampaikan Empat Pilar di kalangan generasi muda diharapkan lebih mengena karena gaya dan bahasa yang dipakai para netizen mudah dipahami dan lebih dekat dengan anak-anak muda.

Dia mengharapkan setelah pesan Empat Pilar itu disampaikan, para netizen bisa paham dan dapat melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi contoh bagi masyarakat sekitarnya.

"Netizen menjadi mulia pada saat mereka memberikan pesan yang mulia. Salah satunya adalah pesan-pesan Empat Pilar. Seperti seorang guru yang sedang mendidik murid-muridnya," tutur Ma'ruf Cahyono.( )


Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi MPR Siti Fauziah berharap para netizen yang ikut serta dalam acara Ngobrol Bareng Warganet Jakarta, bisa menyampaikan pesan-pesan Empat Pilar yang didapat kepada follower masing-masing.

"Banyak ide yang bisa dituliskan terkait Empat Pilar MPR, disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya menyangkut gotong royong dan tolong menolong yang bisa dibangkitkan selama pandemi Covid-19 sekarang ini," kata Siti Fauziah.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi MPR Budi Muliawan berharap para netizen bisa menyampaikan pesan Empat Pilar dengan baik di akun medsos masing-masing, yakni pesan-pesan positif dan juga nilai-nilai kebaikan yang patut disampaikan kepada masyarakat.

"Karena dengan menyampaikan pesan positif dan nilai-nilai kebaikan bisa mengeliminasi kemungkinan maraknya berita hoaks di media sosial," katanya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)