Sebut Pilkada Sudah Terencana, Kemendagri Bilang Masyarakat Jangan Khawatir

Senin, 07 Desember 2020 - 20:44 WIB
loading...
Sebut Pilkada Sudah Terencana, Kemendagri Bilang Masyarakat Jangan Khawatir
Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak mendatang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) Akmal Malik mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak mendatang. Seperti diketahui pilkada akan digelar pada pekan ini tanggal 9 Desember 2020.

(Baca juga: Kematian 6 Loyalis Habib Rizieq, Muhammadiyah Prihatin dan Semua Harus Menahan Diri)

Akmal mengatakan, pilkada telah direncanakan dengan baik di masa pandemi saat ini. Menurutnya tidak hanya pemerintah ataupun penyelenggara, Satgas Covid-19 juga sudah berkoordinasi untuk menyiapkan seluruh tahapan pilkada dengan baik.

“Artinya, masyarakat tidak perlu khawatir lantaran Pilkada sudah dipersiapkan dengan matang dengan berbagai upaya agar masyarakat terhindar dari paparan covid-19. Tugas masyarakat hanya patuhi protokol kesehatan, datang ke lokasi pada jadwal yang sudah ditentukan oleh KPU," katanya dikutip dari keterangan pers Puspen Kemendagri, Senin (7/12/2020).

(Baca juga: Protokol Kesehatan Kunci Sukses Pilkada Serentak 2020)

Dia juga menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat dalam pilkada sangatlah penting. Pasalnya pilkada merupakan momentum untuk memperoleh pemimpin daerah dengan legitimasi yang kuat.

"Kita membutuhkan pemimpin yang memiliki legitimasi kuat. Kita kan semua sepakat untuk menangani covid-19 ini secara bersama-sama, saling bersinergi. Sinergi bersama-sama itu membutuhkan partisipasi," ujarnya.

Akmal juga mengapresiasi bantuan Kementerian Kesehatan yang sudah (Kemenkes) mempersiapkan Satgas khusus di masing-masing daerah untuk membantu kelancaran Pilkada.

"Kami berterima kasih teman-teman dari Kemenkes. Tadi pagi pun sudah mempunyai sebuah Satgas tersendiri yang siap untuk men-supply ketika ada kekurangan-kekurangan kebutuhan alat-alat pelindung diri bagi penyelenggara di masing-masing daerah," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4163 seconds (0.1#10.140)