Menkes Tegaskan 1,2 Juta Vaksin Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan

Senin, 07 Desember 2020 - 12:21 WIB
loading...
Menkes Tegaskan 1,2 Juta Vaksin Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan
Menkes Terawan Agus Putranto menegaskan 1,2 juta vaksin Covid-19 yang datang pada gelombang pertama diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan kedatangan gelombang pertama 1,2 juta vaksin Covid-19 di Indonesia. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa vaksin kiriman pertama ini sasaran utamanya adalah para tenaga kesehatan .

“Vaksin yang tiba sebanyak 1,2 juta dosis itu merupakan bagian dari pengadaan tahap pertama sebanyak 3 juta dosis jenis SARS-Cov-2 yang inaktivasi. Untuk vaksin kiriman pertama ini, nanti yang pertama akan mendapat sasaran adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas fasilitas pelayanan kesehatan,” tegas Terawan dalam konferensi pers “Kedatangan Vaksin Covid-19” secara virtual, Senin (7/12/2020).

(Baca: Vaksin Covid-19 Sudah Tiba, Kapan Vaksinasi Dimulai?)

Dalam hal ini, kata Terawan, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per Kabupaten/Kota. “Yang selanjutnya data tersebut dimasukkan dalam tim sistem informasi KPC PEN yang akan menyiapkan dalam bentuk data sasaran by name, by address,” katanya.

Selain itu, Terawan mengatakan distribusi vaksin akan dilaksanakan sesuai dengan prosedur cara distribusi obat yang baik (CDOB). “Dalam rangka menjamin kualitas vaksin sampai diterima oleh masyarakat sesuai dengan rencana distribusi vaksin Covid-19 telah dibahas bersama bahwa untuk skema program, maka vaksin didistribusikan ke gudang vaksin di Dinas Kesehatan Provinsi nantinya. Untuk kemudian diedarkan ke Dinas Kesehatan dibawahnya,” tegasnya.

(Baca: 1,2 Juta Vaksin Datang, HNW: Semoga BPOM-MUI Tak Dipaksa Beri Rekomendasi)

Terawan berharap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tepat waktu dan berjalan dengan baik dan lancar. “Semoga pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat segera dilaksanakan tepat waktu, berjalan dengan baik dan lancar.”

“Sehingga penanggulangan pandemi Covid-19 ini dapat segera dan cepat diatasi. Dan dalam rangka memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat agar tetap sehat dan produktif secara sosial dan ekonomi. Kesehatan pulih dan ekonomi bangkit. Tetap ingat protokol kesehatan pesan ibu, pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan,” tegas Terawan.

(Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang Calon Presiden 2024)

(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)