Sandiaga: Penyandang Disabilitas Perlu Akses untuk Buka Peluang Usaha

Minggu, 06 Desember 2020 - 04:08 WIB
loading...
Sandiaga: Penyandang Disabilitas Perlu Akses untuk Buka Peluang Usaha
Politikus Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, penyandang disabilitas membutuhkan akses untuk membuka peluang usaha. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hari Disabilitas Internasional (HDI) diperingati setiap tanggal 3 Desember. Di Indonesia, ada 14,2% atau 30,38 juta penduduk Indonesia yang menyandang disabilitas . Angka tersebut berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada 2018.

(Baca juga: Dukungan Keluarga Kunci Utama Kembangkan Kemampuan Penyandang Disabilitas)

Politikus Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, penyandang disabilitas tidak membutuhkan belas kasihan. Penyandang disabilitas membutuhkan akses untuk membuka peluang usaha.

"Selain itu, penyandang disabilitas memerlukan kesetaraan, akses infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Hal itu untuk membuka lapangan pekerjaan sebesar-besarnya dan seluas-luasnya," kata Sandiaga melalui keterangan persnya, Sabtu (5/12/2020).

(Baca juga: Masa Tenang Pilkada Diprediksi Banyak Diwarnai Kampanye Terselubung)

Apa yang dikatakan Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sesuai amanah dalam Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Pemerintah harus memastikan bahwa para penyandang disabilitas mendapatkan kehidupan yang layak.

"Serta lebih baik dan mendapat kesempatan untuk menjadikan keluarga mereka lebih sejahtera," kata dia.

Seperti diketahui, dari tahun ke tahun penyandang disabilitas di Indonesia terus mengalami peningkatan. Survei Penduduk Antar Sensus atau (Supas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2015, menunjukkan jumlah penyandang disabilitas Indonesia sebanyak 21,5 juta jiwa.

Angka ini terus bertambah setiap tahunnya. Data tersebut jauh lebih menggambarkan jumlah penyandang disabilitas di Indonesia dibandingkan survei tiga tahun sebelumnya, yakni pada 2012 yang hanya mencapai 6 juta jiwa.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)