KPK Kebut Bongkar Berbagai Kasus Korupsi, Ini Daftarnya

Sabtu, 05 Desember 2020 - 14:30 WIB
loading...
KPK Kebut Bongkar Berbagai Kasus Korupsi, Ini Daftarnya
KPK akhirnya menunjukkan taringnya sebagai lembaga antirasuah yang disegani dan masih mempunyai taji. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepertinya mau menunjukkan taringnya sebagai lembaga antirasuah yang disegani dan masih mempunyai taji. Di bawah kepemimpinan Firli Bahuri, KPK sempat diragukan banyak pihak dan bahkan 'mati suri'. Catatan Indonesia Corruption Watch (ICW), misalnya, terjadi penurunan penindakan kasus korupsi yang ditangani KPK pada semester I 2020 jika dibandingkan periode yang sama pada 2019.

(Baca juga : Kisah Conor McGregor: si Tukang Ledeng Kini Jawara UFC Miliarder )

Berdasarkan data ICW, sejak 2016 hingga 2019 pada semester 1, KPK menangani rata-rata 20 kasus. Secara rinci, pada 2016 terdapat 18 kasus, pada 2017 terdapat 21 kasus, 2018 terdapat 30 kasus, 2019 terdapat 28 kasus. Sementara semester I 2020 hanya 6 kasus. (Baca juga: ICW-TII Evaluasi Kinerja KPK: Penindakan Melempem, Pencegahan Tak Optimal)

Survei yang dilakukan Transparency International Indonesia (TII) bahkan menyebut kinerja lembaga antikorupsi di Indonesia lebih rendah dari Filipina dan Kamboja. Kini, KPK seperti kembali muncul dari 'tidur panjangnya' dengan membongkar berbagai kasus korupsi mulai dari kasus kakap seperti penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam skandal ekspor benih lobster, hingga kasus-kasus dugaan korupsi tingkat lokal.

(Baca juga : Tak Dipenjara Meski Bercinta dengan Bocah 14 Tahun, Ibu Ini Menangis )

Dalam beberapa hari terakhir saja, KPK 'ngebut' membongkar sejumlah kasus korupsi. Apa saja, ini di antaranya:

1. Skandal Korupsi Ekspor Benur di KKP

KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang saat ini sudah mundur dari kabinet pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Edhy ditangkap bersama sejumlah orang lainnya. Edhy Prabowo merupakan menteri pertama yang ditangkap dari Kabinet Indonesia Maju. Edhy menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Jokowi-KH. Ma’ruf Amin pada 23 Oktober 2020 menggantikan Susi Pudjiastuti.

KPK Kebut Bongkar Berbagai Kasus Korupsi, Ini Daftarnya


Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu ditangkap bersama 16 orang lainnya dalam kasus dugaan suap. Di antaranya di Bandara Soekarno-Hatta yakni, EP; IRW; SAF; ZN; YD; YN; DES dan SMT. Sedangkan orang-orang yang diamankan di rumah masing-masing yakni, SJT; SWD; DP; DD; NT; CM; AF; SA; dan MY.
KPK menyimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji oleh penyelenggara negara terkait dengan perizinan tambak, usaha dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)