Selain di Jakarta, Habib Rizieq Juga Akan Dipanggil Polisi Terkait Kerumunan di Bogor

Jum'at, 04 Desember 2020 - 07:16 WIB
loading...
Selain di Jakarta, Habib Rizieq Juga Akan Dipanggil Polisi Terkait Kerumunan di Bogor
Habib Rizieq Shihab. Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Tim penyidik gabungan Bareskrim Polri, Polda Jawa Barat dan Polres Bogor, mengagendakan pemanggilan Habib Rizieq Shihab terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung, Bogor.

(Baca juga : Dikira Orang Hidup Tak Pakai Masker, Mayat Ini Dimarahi Orang-orang di Gereja )

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan Habib Rizieq rencananya akan dipanggil pada pekan depan yakni tanggal 10 Desember 2020. "RS (Rizieq Shihab) akan diperiksa sebagai saksi hari tanggal 10 Desember 2020," kata Argo dalam keteranganya, Jumat (4/12/2020).

(Baca Juga: Konsekuensi Hukum Jika Habib Rizieq Terus Menerus Mangkir)

Selain itu, kata Argo, penyidik gabungan pada 8 Desember 2020, juga akan melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi lainnya terkait dengan penyidikan perkara tersebut.

Ketiga orang itu adalah, Kepala Pondok Pesantren Ustadz Asep Agus Sofyan, Panitia Habib Muchsin Alatas, dan Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bogor, Burhanudin. "Pada hari Selasa, 8 Desember 2020 akan melakukan Pemeriksaan saksi terhadap," ujar Argo.

(Baca Juga: Polda Metro Jaya Keluarkan Surat Pemanggilan Kedua Habib Rizieq)

Polisi mulai melakukan penyelidikan adanya dugaan pelanggaran protokol kesehatan terkait dengan acara yang dihadiri Rizieq. Mulai di Jakarta hingga Jawa Barat atau Megamendung, Bogor.

Terbaru, aparat kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat resmi meningkatkan kasus ini ke tahap penyidikan. Hal itu lantaran diduga kuat adanya dugaan pelanggaran pidana terkait kekarantinaan kesehatan.

(Baca Juga: Kabareskrim Sebut Demo dan Kepulangan Habib Rizieq Penyebab Kasus Covid-19 Naik)

Polda Metro Jaya sendiri telah meminta klarifikasi Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan beberapa saksi lainnya yang mengetahui acara tersebut. Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga diperiksa untuk proses klarifikasi di Bareskrim Polri.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)