Ngobrol Bareng Gus Miftah iNews, Jumat Pukul 20.00: Menaker Ida Fauziyah Bicara tentang Angkatan Kerja

Kamis, 26 November 2020 - 21:52 WIB
loading...
Ngobrol Bareng Gus Miftah iNews, Jumat Pukul 20.00: Menaker Ida Fauziyah Bicara tentang Angkatan Kerja
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan kepada Gus Miftah, pemerintah terus berupaya agar PHK tidak semakin meluas akibat pandemi Covid-19.
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 (virus Corona) tidak hanya merenggut nyawa tetapi juga menimbulkan turbulensi ekonomi yang mendorong Indonesia masuk ke dalam jurang resesi. Tidak sedikit perusahaan yang bangkrut atau terpaksa melakukan efisensi dengan memberlakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

(Baca juga: Tak Hadiri Munas MUI, Din Syamsuddin: Ulama Lurus Hanya Takut Allah SWT)

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia periode Agustus 2020 mencapai 9,77 juta orang, naik dari 7,10 juta orang pada Agustus 2019. Angka ini akan terus bertambah jika gelombang PHK tidak diredam.

(Baca juga: Kebebasan Sipil di Indonesia Alami Kemunduran)

Lalu, bagaimana pemerintah mengatasi problematika PHK, pengangguran, dan ketenagakerjaan di Indonesia pada masa pandemi Covid-19 ini?

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan kepada Gus Miftah, pemerintah terus berupaya agar PHK tidak semakin meluas akibat pandemi Covid-19. "Pemerintah melakukan banyak langkah agar PHK tidak semakin meluas. PHK menjadi pilihan terakhir dan kalau lihat data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dari 2,1 juta yang terdampak pandemi Covid-19, rata-rata pekerja formal kebanyakan dirumahkan, bukan di-PHK. Sekitar 20-25% yang di-PHK," ungkap Ida Fauziyah, di Jakarta.

"Ngobrol Bareng Gus Miftah" episode Jumat 27 November 2020, pukul 20.00 di iNews, akan mengungkap banyak pelajaran penting tentang memaknai masalah yang timbul akibat pandemi Covid-19. Gus Miftah mengatakan, karena pandemi banyak orang khawatir dengan rezekinya.

"Allah SWT menjamin rezeki untuk hamba-Nya. Jika kita meragukan rezeki-Nya, berarti kita meragukan Sang Pemberi Rezeki," tuturnya.

Tak hanya buka-bukaan soal angkatan kerja di masa pandemi, Menaker Ida Fauziyah juga menuturkan kesannya pada sosok Presiden Republik Indonesia yang keempat, Gus Dur. "Sosok Gus Dur masih diperlukan dalam kondisi bahwa kita masih punya tantangan pluralitas yang luar biasa," katanya.

Sejak penayangan perdananya pada Selasa (22/9/2020) Ngobrol Bareng Gus Miftah telah menghadirkan tokoh terkenal di antaranya Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Syekh Ali Jaber, Ustaz Yusuf Mansur dan Deddy Corbuzier.

Saksikan selengkapnya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bicara angkatan kerja dalam acara "Ngobrol Bareng Gus Miftah" yang akan disiarkan stasiun televisi milik MNC Group, iNews, pada Jumat (27/11/2020), pukul 20.00 WIB. Program ini juga bisa disaksikan di aplikasi RCTI+ atau www.rctiplus.com.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)