Jokowi Diyakini Sudah Kantongi Nama Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

loading...
Jokowi Diyakini Sudah Kantongi Nama Calon Kapolri Pengganti Idham Azis
Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini sudah mengantongi stok nama calon Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Masa tugas Kapolri Jenderal Pol Idham Azis segera berakhir pada Januari 2021. Sejumlah nama muncul sebagai calon penggantinya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini sudah mengantongi stok nama calon Kapolri .

”Saya yakin untuk calon Kapolri, Pak Jokowi sudah ada stoknya,” ujar Anggota Komisi III DPR Jazilul Fawaid dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertajuk Siapa Calon Kapolri Pilihan Jokowi di Media Center Parlemen, Senayan, Kamis (26/11/2020).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga Wakil Ketua MPR ini menambahkan, sebenarnya ada 15 nama yang masuk dalam bursa Kapolri. Hal ini bisa dilihat dari kepangkatan dan jenjang karirnya.

”Kalau mau dilihat dari undang-undang, calon Kapolri harus perwira tinggi yang masih aktif. Lalu juga memperhatikan jenjang karier dan kepangkatannya. Jika dikecilkan ya paling ada 15 nama,” tututrnya.
(Baca juga: Sandiaga Uno Berpeluang Besar Gantikan Edhy Prabowo di Kabinet)



Menurut dia, orang yang pantas menjadi Kapolri adalah yang memiliki kedekatan dan bisa harmoni dengan arah kebijakan pembangunan Presiden.

”Untuk siapa yang paling pas, yang memiliki kedekatan dengan Pak Jokowi. Jadi yang punya kedekatan dan harmonisasi dengan Presiden langsung,” ungkapnya. (Baca juga: Mendagri Sebut Tinggal 0,88% Pemilih Pilkada 2020 Belum Rekam E-KTP)

Gus Jazil menuturkan, dengan kondisi dan tantangan yang dihadapi bangsa maka dibutuhkan Kapolri yang matang dan bijaksana. Sosok yang bisa cepat dan tepat dalam bertindak untuk mengatasi segala potensi gangguan keamanan dan ketertiban.



“Sebab kunci dari pembangunan adalah keamanan dan ketertiban,” ujarnya.(Baca juga: Mencari Calon Presiden 2024 )
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top