Cegah Penularan COVID-19, Satgas Fasilitasi Alat Testing untuk Pilkada

Rabu, 25 November 2020 - 03:00 WIB
loading...
Cegah Penularan COVID-19, Satgas Fasilitasi Alat Testing untuk Pilkada
Tenaga medis melakukan tes cepat (rapid test) Covid-19 terhadap warga di Gelanggang Olahraga Tebet, Jakarta, Senin (23/11/2020). Foto/Okezone/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito memastikan bahwa semua pihak terkait selalu memantau perkembangan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 . Dia menyebut bahwa zonasi risiko penularan virus corona juga selalu dijadikan dasar penyelenggaraan kegiatan.

"Jadi tidak hanya pihak Kemendagri atau Polri, tetapi juga pihak penyelenggara pemilihan serentak serta pemerintah daerah terkait selalu memantau perkembangan zonasi dari 309 kabupaten/kota yang akan melakukan kegiatan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan," katanya saat konferensi pers, Selasa (24/11/2020).

Wiku juga mengatakan bahwa upaya pencegahan lainnya yang dilakukan ialah mendesain peraturan tahapan pemilihan serentak sedemikian rupa agar tidak memperbesar peluang penularan COVID-19. ( )

"Sampai saat ini berbagai pelaporan pelanggaran maupun hasil evaluasi simulasi pilkada kami jadikan sebagai bahan perbaikan ke depannya," katanya.

Selain membuat peraturan yang adaptif dengan kondisi yang ada, Satgas juga terus membantu penyediaan alat testing untuk keperluan pilkada. "Salah satu bukti bagaimana pemerintah merespons dan adaptif terhadap perkembangan yang ada yaitu perubahan PKPU No 6 menjadi PKPU No 13. Maupun Satgas yang terus memfasilitasi penyediaan alat testing untuk keperluan screening," katanya. ( )

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)