Stabilitas Nasional Memanas, Jokowi Diminta Segera Tampil

Senin, 23 November 2020 - 01:17 WIB
loading...
Stabilitas Nasional Memanas, Jokowi Diminta Segera Tampil
Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan (Unpar) Asep Warlan Yusuf meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera turun tangan. Foto/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan (Unpar) Asep Warlan Yusuf meminta Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) segera turun tangan dan memberi ketenangan kepada masyarakat terkait kondisi stabilitas nasional yang saat ini yang cenderung memanas.

(Baca juga: Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Kemenkes Siapkan Penambahan Ruang Perawatan)

"Presiden harus segera tampil, jangan sampai terlambat merespons kondisi stabilitas nasional saat ini. Apalagi terkesan ada benturan antar masyarakat atau dengan TNI," kata Asep Warlan, Minggu (22/11/2020).

(Baca juga: Ini Deretan Kasus Siber Menonjol yang Diungkap Bareskrim Polri)

Ketegangan stabilitas nasional, tak hanya terjadi di kehidupan nyata, tetapi juga di media sosial. Ketegangan di media sosial antar kelompok, sangat menguat. Dikhawatirkan, bila dibiarkan akan mengganggu masyarakat.

"Presiden harus segera melakukan komunikasi dan dialog dengan semua pihak, termasuk dengan Habib Rizieq Shihab. Cara dialog lebih elegan untuk duduk bersama, mengatasi pandemi ini," beber dia.

Kondisi ini, kata dia, jangan seolah dibiarkan atau bahkan dibenturkan antar pihak. Apalagi membenturkan aparat keamanan dengan organisasi kemasyarakatan. Tetapi mestinya, duduk bersama mengatasi masalah bangsa saat ini.

"TNI juga haris back to barak, jangan tampil seolah ikut mengurusi masalah politik. Serahkan kepada Polri dan Satpol PP. Kalau mereka sudah tidak sanggup, bisa minta bantuan TNI. Jadi tidak terkesan menunjukan kekuatan," beber Asep.

Langkah selanjutnya yang mesti diambil presiden adalah memastikan bahwa semua aturan berlaku kepada semua pihak, terutama terkait protokol kesehatan di tengah pendemi. Jangan biarkan masyarakat membanding-bandingkan.

Asep berkeyakinan, bila dialog dan komunikasi berjalan bagus, masyarakat pasti akan mengerti atas kondisi saat ini. Masyrakat juga menginginkan agar pandemi cepat berlalu dan kondisi kembali normal.

(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)