Satgas Klaim Belum Ditemukan Kluster Covid-19 di Tahapan Pilkada 2020

loading...
Satgas Klaim Belum Ditemukan Kluster Covid-19 di Tahapan Pilkada 2020
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi mengaku belum menemukan kluster baru pada tahapan Pilkada 2020. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa sampai hari ini belum ada informasi tentang temuan kluster penularan Covid-19 dalam tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harry B. Harmadi mengakui jumlah kasus positif Covid-19 perhari nya memang bertambah. Akan tetapi, penambahan kasus positif itu belum dapat disimpulkan akibat adanya pelaksanaan tahapan Pilkada 2020.

"Kami belum mendapat detailnya apakah dia itu tertular pada saat kampanye atau sedang kegiatan terkait dengan Pilkada, atau (justru) tertularnya di luar," kata Sonny dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Evaluasi Kampanye Pilkada 2020, Sabtu (21/11/2020).

(Baca: 77 Orang Positif COVID-19 dari Kluster Petamburan-Mega Mendung)



Sonny menyampaikan bahwa sebenarnya yang bisa menyimpulkan kluster tersebut itu merupakan tim dari bidang tracing (penelusuran kasus). Dia mengatakan, tim itu lah yang bisa mendeteksi apakah kasus positif Covid-19 tertular pada saat kegiatan tahapan Pilkada 2020 atau tidak.

"(Tapi) sejauh ini kami belum memperoleh informasi bahwa ada satu kluster atau super kluster positif, dimana dia tertular pada saat melaksanakan kegiatan Pilkada, itu belum ada," ujarnya.

Meskipun kabar ini menggemberakan, Satgas Covid-19 terus mengingatkan agar tidak terjadinya lonjakan kasus yang sangat tinggi akibat pesta demokrasi lima tahunan ini. Oleh karenanya, ia mengimbau kepada semua pihak untuk senantiasa menaati protokol kesehatan Covid-19. "Kita juga secara terus menerus kepada seluruh paslon mengingatkan tentang risiko-risiko tadi," pungkasnya.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top