Wakil Kepala BPIP: Orang Toleran Cenderung Lebih Bahagia

Kamis, 19 November 2020 - 18:32 WIB
loading...
Wakil Kepala BPIP: Orang Toleran Cenderung Lebih Bahagia
Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono menyatakan bahwa orang yang memiliki sikap toleransi tinggi maka akan cenderung lebih berbahagia. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono menyatakan bahwa orang yang memiliki sikap toleransi tinggi maka akan cenderung lebih berbahagia. Menurutnya, orang yang intoleran lebih banyak memiliki kecurigaan tinggi terhadap orang lain.

Hal itu diungkapkan Hariyono dalam dalam Seminar yang digelar baik secara luring maupun daring di Akademi Militer (Akmil) Magelang bertajuk 'Eksistensi Pancasila dalam Mencegah Disintegrasi Bangsa dan Intoleransi melalui Bela Negara', Rabu (18/11/2020).

"Orang yang memiliki toleransi tinggi biasanya lebih bahagia dibandingkan mereka yang tidak memiliki toleransi. Coba kalau kita kuliah kemudian kita memiliki prinsip keagaamaan yang sempit, kita selalu curiga, dosen saya itu agamanya apa ya, teman saya duduk di kelas ini agamanya apa ya. Jadi gara-gara intoleran, pikirannya sudah enggak bahagia," ujarnya. ( )

Lebih lanjut dia menuturkan, orang yang mengaplikasikan pemahaman Pancasila memiliki tumbuh kembang yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Menurutnya, pengaplikasian Pancasila pun tidak hanya berdasarkan aktivitas fisik, melainkan juga dari aspek psikologi.

"Orang yang mengaktualisasikan Pancasila, tidak hanya untuk menyenangkan negara, orang yang mengamalkan Pancasila biasanya menyenangkan dan memberikan ruang baik ruang fisik dan ruang psikis kepada dirinya untuk tumbuh kembang dengan baik," kata Hariyono.

Atas hal itu, Hariyono berkesimpulan bahwa orang yang sehat adalah orang yang toleran. Sementara orang yang menyukai Pancasila berarti orang yang sehat. ( )

"Jadi orang yang sehat adalah orang yang toleran, sehingga orang yang suka Pancasila adalah orang yang sehat," tuturnya.

Selain Prof Haryono, hadir sebagai narasumber adalah Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam S; Plt Deputi Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP Ani Purwanti; Dosen Fakultas Hukum Undip Nur Rochaeti. Hadir pula narsum secara daring yaitu Prof Muladi (Guru Besar Undip Semarang), Brigjen TNI Fahrid Amran (Direktur Sumber Daya Pertahanan Kemenhan), dan M Akbar Hadiprabowo (Direktur Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP).

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)