Pusterad Bersama Media Massa Bangun Sinergitas Wujudkan Ketahanan Nasional

Rabu, 18 November 2020 - 14:08 WIB
loading...
Pusterad Bersama Media Massa Bangun Sinergitas Wujudkan Ketahanan Nasional
Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad), Letnan Jenderal TNI Wisnoe P.B. Foto/Dispenad
A A A
BEKASI - Pusat Teritorial Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Pusterad) menggandeng media massa mewujudkan ketahanan nasional dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu diungkapkan Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad), Letnan Jenderal TNI Wisnoe P.B. saat sarasehan bersama media massa di Hotel Horison, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (18/11/2020). (Baca juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Dispenad Selenggarakan Pendidikan Public Speaking)

Wisnoe mengatakan, dengan menggandeng media massa diharapkan dapat memperoleh masukan dan saran dalam menyusun strategi penyelenggaraan Binter di era modern yang didukung media massa. "Kita bangun ketahanan nasional dengan menggandeng media masa. Sehingga, akan terwujud kemanunggalan TNI - rakyat dalam rangka mendukung pembangunan nasional,” ucapnya. (Baca juga: MNC Group Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Personel Dispenad)

Media massa sebagai wahana penyampaian informasi dan edukasi bagi masyarakat, kata Wisnoe, merupakan motor penggerak yang sangat dahsyat bagi negara dalam membangun jati diri dan karakter bangsa. "Sinergitas TNI AD dengan media massa sangat penting dalam membangun negeri, untuk bersama-sama TNI dalam ikut menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI," ungkapnya. (Baca juga: Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer)

Menurut dia, Informasi sangat penting sebagai sarana dalam interaksi di tengah kehidupan mayarakat yang saat ini masuk dalam era digital. Kecepatan informasi yang didukung perkembangan teknologi merupakan kebutuhan keseharian dalam kehidupan sosial masyarakat yang dapat dikonsumsi dalam bentuk berita baik melalui media cetak, elektronik maupun online. Bahwa melalui pemberitaan yang tepat dan akurat dapat dijadikan sebagai sarana dalam pengambilan kebijakan.

Kemudian meningkatkan pengetahuan masyarakat dan bahkan membangun karakter bangsa. "Di era revolusi industri 4.0 kecepatan informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Peran media massa yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dapat dijadikan sarana dalam menyampaikan program," ungkapnya.

Pusterad Bersama Media Massa Bangun Sinergitas Wujudkan Ketahanan Nasional


Kemudian untuk kebijakan serta visi dan misi pembangunan guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk itu Binter TNI AD yang senantiasa mendukung program pembangunan fisik maupun non fisik perlu disinergikan dengan pemberitaan media massa di seluruh tanah air, sehingga timbul komitmen bersama dalam membangun bangsa Indonesia.

Jendral bintang tiga ini menegaskan, seluruh komponen bangsa berkewajiban untuk mengantisipasi berbagai ancaman yang terjadi terhadap kondisi bangsa saat ini. TNI AD melalui unsur Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dengan didukung media massa memiliki peran yang vital dalam pembinaan ketahanan masyarakat melalui Binter.

Kegiatan Binter yang berkolaborasi dengan media massa diharapkan dapat mengedukasi seluruh lapisan masyarakat sehingga terwujud ketahanan nasional yang tangguh. Kegiatan yang dikemas dalam suasana santai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, menghadirkan tiga narasumber.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)