Jenderal Polisi Idham Azis Rotasi 626 Pati dan Pamen Polri

Selasa, 17 November 2020 - 13:03 WIB
loading...
Jenderal Polisi Idham Azis Rotasi 626 Pati dan Pamen Polri
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melakukan rotasi besar-besaran disejumlah jabatan yang diisi oleh Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen).
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melakukan rotasi besar-besaran disejumlah jabatan yang diisi oleh Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) dalam struktur organisasi Korps Bhayangkara di seluruh Indonesia.

Mutasi dan rotasi jabatan itu dituangkan dalam sembilan surat Telegram Rahasia (TR) di antaranya, ST/3228/XI/KEP./2020, tanggal 16 November 2020 yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan. Berdasarkan catatan Okezone, dari sembilan surat Telegram Rahasia itu setidaknya ada 626 jumlah Pati dan Pamen yang mengalami rotasi. Kriterianya berbeda, mulai dari persiapan masa pensiun, mutasi jabatan dan persiapan untuk mengenyam kursi pendidikan ke tahap selanjutnya. (Baca juga: Kapolri Rotasi Karowassidik, Karo Binkar, dan Dir Tipidum)

Keluarnya sembilan TR ini setelah pencopotan Irjen Nana Sudjana sebagai Kapolda Metro Jaya dan Irjen Rudy Sufahriadi sebagai Kapolda Jawa Barat. Dalam sembilan surat TR itu rotasi terjadi di antaranya untuk jabatan Kepala Biro Pengawasan Penyidikan (Karowassidik) Bareskrim Polri. Karowassidik yang tadinya dijabat oleh Brigjen Roycke Harry Langie digantikan oleh Brigjen Iwan Kurniawan. Sementara, Roycke diangkat sebagai Wakapolda Bali. Kepala Biro Pembinaan Karier (Karobinkar) SSDM Polri. Jabatannya yang sebelumnya diisi Brigjen Pol Suwondo Nainggolan, diganti oleh Kombes Pol Bariza Sulfi. (Baca juga: Tak Menjalankan Penegakan Protokol Kesehatan, Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat Dicopot)

Kombes Pol Bariza Sulfi sendiri sebelumnya menjabat Kabagmutjab Robinkar SSDM Polri. Sedangkan, Suwono di rotasi menjadi Kakorbinmas Baharkam Polri. Posisi Direktur Tindak Pidana Umum (Dir Tipidum) Bareskrim Polri juga mengalami perubahan pucuk pimpinan. Posisi itu nantinya diisi oleh Brigjen Pol Andi Rian R. Djajadi yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri. Sementara, Brigjen Pol Ferdy Sambo yang saat ini menjabat Dir Tipidum Bareskrim Polri di promosikan menjadi Kadiv Propam Polri. Jabatan yang mengembang jenderal bintang dua. (Baca juga: Melihat Peluang Calon Kapolri Pasca Pencopotan Dua Kapolda)

Kapolres Metro Jakarta Selatan saat ini diisi oleh Kombes Pol Aziz Andriansyah yang menggantikan Kombes Pol Budi Sartono karena di rotasi ke Anjak Madya Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri dalam rangka Dikreg XLVIII Sesko. Kemudian, Kapolres Jakarta Barat saat ini dipercayakan kepada Kombes Pol Ady Wibowo yang menggantikan Kombes Pol Audie Latuheru yang akan Dikreg XLVIII Sesko. Selanjutnya, Kapolres Bekasi akan diisi oleh Kombes Pol Aloysius Suprijadi yang menggantikan posisi dari Kombes Pol Wijanarko.



Kapolres Depok juga mengalami rotasi, Kombes Pol Imran Edwin Siregar akan mengisi jabatan itu setelah Kombes Pol Aziz Andriansyah dimutasi sebagai Kapolres Jakarta Selatan. Lalu, Kombes Pol Hendri Fiuser yang saat ini menjabat Kapolresta Bogor akan digantikan oleh Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. Dia sebelumnya menjabat Direktur Narkoba Polda Banten.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono rotasi dan mutasi jabatan di internal Polri adalah hal yang lumrah terjadi. "Sebagai penyegaran organisasi, baik Tour of Duty maupun Tour of Area," kata Awi dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (17/11/2020).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4047 seconds (0.1#10.140)