Kasus Hukum Selesai, Sebanyak 125 WNI Dideportasi dari Malaysia

loading...
Kasus Hukum Selesai, Sebanyak 125 WNI Dideportasi dari Malaysia
Sebanyak 125 WNI dideportasi dari Malaysia. Foto ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Sebanyak 125 Warga Negara Indonesia (WNI) kembali ke Tanah Air usai kasusnya selesai di Malaysia. Proses kepulangan itu berjalan lancar setelah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru membantu dan berkoordinasi dengan Detensi Tahanan Imigrasi (DTI) Pekan Nenas, Johor pada 11 November lalu.

“125 WNI terdiri dari 106 WNI yang berdomisili di Kepulauan Riau dan 19 WNI kelompok rentan dipulangkan melalui jalur laut,” demikian dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Selasa (17/11/2020). (Baca juga: Beri Pendampingan, Pemerintah Repatriasi 141 WNI dari Malaysia)

Merujuk keterangan KJRI, seluruh WNI yang dideportasi itu terdiri dari 67 laki-laki, 43 perempuan, dan 5 bayi berusia 2 bulan. Untuk memastikan kondisi kesehatan dan sesuai ketentuan protokol kesehatan, seluruh WNI telah menjalani tes PCR pada 8 November lalu di DTI Pekan Nenas. Hasilnya dinyatakan negatif dari infeksi virus Corona (Covid-19). “Deportasi 125 WNI dilaksanakan melalui Pelabuhan Pasir Gudang menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang, Kepri, dengan kapal feri MV Citra Indah 99,” imbuh Kemlu. (Baca juga: 8 WNI di Malaysia yang Disekap Penyalur Pekerja Berhasil Diselamatkan)

Konsul Jenderal RI di Johor Bahru, Sunarko hadir langsung di Pelabuhan Pasir Gudang untuk memantau dan memastikan kelancaran proses kepulangan para WNI. Pihaknya juga memberikan bantuan untuk penerbitan dokumen Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) serta dukungan perlengkapan yaitu masker, hand sanitizer, dan alas kaki serta konsumsi sebelum keberangkatan. Setiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, seluruh WNI kembali mendapatkan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol yang berlaku di Indonesia.



(cip)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top