Bahas Pendemi Corona, Sandiaga - Aa Gym Ajak Masyarakat Saling Membantu

Kamis, 16 April 2020 - 09:11 WIB
loading...
Bahas Pendemi Corona, Sandiaga - Aa Gym Ajak Masyarakat Saling Membantu
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno saat teleconference dengan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) membahas pandemi Corona.
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno dan tokoh agama Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym melakukan teleconference pada Selasa, 14 April 2020 malam.

Dalam kesempatan tersebut, kedua sahabat itu berbincang banyak hal, termasuk wabah virus Corona (COVID-19) yang menjadi pandemik dunia saat ini.

”Mewabahnya virus Corona di Indonesia diharapkan dapat menjadi momentum merefleksikan diri. Untuk itu, dirinya meminta agar seluruh pihak dapat saling membantu. Jatuhnya korban jiwa dan terus bertambahnya jumlah pasien positif virus Corona tidak boleh ditanggapi dengan sikap saling menyalahkan,” ujar Sandi, dalam keterangan yang diteriama SINDOnews, Kamis (16/4/2020).

Menurut Sandi, sapaan akrabnya, masyarakat harus bisa memberikan solusi dari lingkaran terkecil untuk pemerintah. Sandi melihat, ada banyak hikmah dibalik wabah virus Corona yang memaksa masyarakat untuk berdiam diri di rumah. Satu di antaranya adalah momen bersama keluarga.

"Selama di rumah, saya jadi punya kesempatan shalat lima waktu berjamaah sama keluarga, sudah satu bulan ini. Pengalaman yang langka, karena selama ini sibuk di politik dan sebelummnya jadi pegusaha keliling dunia," ungkap Sandi dibalas Aa Gym dengan hamdallah.

Sandi mengaku, salah satu kegiatan sosial yang dilakukannya selama masa pandemi ini adalah membantu masyarakat. "Saya juga reflesksi diri dan melihat banyak orang harus dibantu, dikasih solusi, Alhamdulillah jadi kegiatan baru. COVID-19 malah banyak terbuka beberapa kesempatan untuk kontribusi pada umat masyarakat, ya Alhamdulillah," ujarnya.

Mereka antara lain, 30.000 karyawan yang menggantungkan hidup di sejumlah grup perusahannya. Selain itu, puluhan juta pelaku Usaha Kecil Mandiri (UKM) dan pekerja lepas harian yang kini tengah terlunta menghadapi resesi saat ini. "Kita ada beberapa kegiatan dengan relawan, kita sadari pemerintah memiliki keterbatasan. Ada dua aspek (disoroti), aspek kesehatan dan ekonomi," ungkapnya.

Menurut Sandi, hal yang paling konkret yang bisa dilakukan dalam aspek kesehatan yakni, bantu para pahlawan kesehatan yang bertugas di garda terdepan. Bersama relawan, dirinya menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) sekaligus mengedukasi masyarakat agar waspada terhadap virus Corona.

"Ini peperangan, tentara-tentara tenaga kesehatan kalau perang tidak dikasih peluru-senjata, maka pasti akan tumbang. Kepada masyarakat, kita edukasi pakai masker dan bagikan masker kain buatan UKM OK OCE, karena banyak masyakarat di luar bisa terselamatkan kalau kita memasarkan (sosialisasikan) masker ini, hand sanitizer dan sebagainya," tambahnya.

Sedangkan dalam aspek ekonomi, dirinya bersama relawan telah menyalurkan sejumlah bantuan. Terutama bagi dunia usaha dengan cara membuka kelas yang menyajikan materi agar UKM dapat bertahan di tengah krisis, survival true ecosystem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)