Rawan Kecemburuan, Bantuan Sosial Pemerintah Jangan Pilih Kasih

Kamis, 16 April 2020 - 07:45 WIB
loading...
A A A
PT Pertamina (Persero) secara khusus meluncurkan program untuk ojek daring berupa cashback saldo LinkAja. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati beralasan, ojol menjadi salah satu profesi yang sangat bermanfaat untuk membantu memberikan pelayanan pengantaran kebutuhan sehari-hari. "Karena itu, sebagai apresiasi atas jasa yang diberikan ojek online, diharapkan program yang berjalan tiga bulan ke depan ini bisa meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan dalam menjalankan pekerjaannya," ujar Nicke dalam keterangan resmi, Selasa (14/4).

Di tempat terpisah, peneliti senior pada Institut Studi Transportasi (Instran) Felix Iryantomo berpendapat. pengemudi ojek daring sebenarnya bernasib lebih baik karena masih punya peluang mendapatkan penghasilan dengan membawa barang. "Berbeda dengan pengemudi angkutan umum lain yang peluangnya makin tertutup lantaran mobilitas orang berkurang dan moda yang digunakan sudah dibatasi jumlah penumpangnya," kata Felix.

Selain itu, Kementerian Pertanian juga menggandeng perusahaan aplikator transportasi daring untuk pembelian sembako via daring. Perusahaan transportasi daring juga mendapat banyak sekali bantuan pembiayaan ketimbang dengan perusahaan transportasi lain yang harus mandiri. "Jika pemerintah dan BUMN mau adil, tidak hanya pengemudi ojek daring yang mendapatkan cash back untuk pembelian BBM atau bentuk bantuan lain, tetapi bantuan itu juga mestinya diberikan pula pada seluruh pengemudi transportasi umum lain," ujar Felix.

Dia meminta agar ketidakadilan ini harus segera diakhiri supaya ketegangan di kalangan masyarakat bisa mereda. "Negara ini sedang dirundung duka, janganlah lagi ditambah masalah akibat ketidakadilan itu," desak Felix. (Abdul Rochim/Sindonews)
(yuds)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)