Bekali Calon Pekerja Migran dengan Bela Negara

Minggu, 08 November 2020 - 06:05 WIB
loading...
Bekali Calon Pekerja Migran dengan Bela Negara
Indonesia sebagai negara pemasok pekerja migran terbesar di Asia dinilai harus mulai waspada dengan ideologi terorisme. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Indonesia sebagai negara pemasok pekerja migran terbesar di Asia dinilai harus mulai waspada dengan ideologi terorisme.Oleh karena itu, pembekalan terkait bela negara bagi para calon pekerja migran Indonesia (PMI) menjadi hal penting.

Kemnaker dengan menggandeng Kementrian Pertahanan untuk menyiapkan kurikulum bela negara yang akan masuk dalam bahan pelatihan bagi calon PMI sebelum berangkat ke luar negeri.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah baru baru ini. "Saya harus bergerak cepat, melakukan koordinasi dan memutuskan untuk memberikan wawasan kebangsaan dan ideologi kepada para pekerja migran sebelum berangkat ke luar negeri," katanya. ( )

Kemnaker hingga saat ini sudah mengupayakan sosialisasi di desa-desa untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya bekerja di luar negri melalui jalur prosedural.

Menurut Kemnaker, jangan sampai peristiwa kelam di Malaysia pada 2011 kembali terjadi. Ketika itu ada PMI meninggal kelaparan karena sengaja tidak diberikan makan oleh majikannya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)