Umrah Kembali Dibuka, Satgas Minta Sosialisasi Protokol Kesehatan Masif

Kamis, 05 November 2020 - 18:00 WIB
loading...
Umrah Kembali Dibuka, Satgas Minta Sosialisasi Protokol Kesehatan Masif
Duta besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqaf (kedua kiri) memberikan cenderamata kepada jamaah umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. FOTO/DOK.SINDOnews/YORRI FARLI
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk kembali membuka ibadah umrah ke Tanah Suci. Menurutnya, telah dirilis Keputusan Menteri Agama No 719/2020 yang dijadikan sebagai pedomanan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah di masa pandemi .

Selain itu, Wiku juga mengatakan bahwa ibadah ke Tanah Suci ini akan selalu diawasi dan dievaluasi sesuai dengan kondisi Indonesia maupun Arab Saudi.

"Kebijakan mengenai ibadah ke Tanah Suci ini tetap akan diawasi dan dievaluasi sesuai dengan perkembangan keadaan pandemi di kedua negara ini," katanya saat konferensi pers, Kamis (5/11/2020). ( )

Wiku mengakui bahwa waktu yang dimiliki saat ini sangat singkat antara keputusan pembukaan hingga persiapan pemberangkatan jamaah ke Tanah Suci. Maka dari itu dia meminta agar sosialisasi dilakukan secara masif.

"Maka sosialisasi yang masif terkait protokol kesehatan untuk ibadah umrah selama pandemi betul-betul harus dilakukan secara menyeluruh," katanya.

Satgas meminta agar sosialisasi melibatkan Kantor Wilayah Kementerian Agama di setiap daerah. "Serta memanfaatkan metode maupun media yang menyesuaikan dengan karakteristik calon jamaah haji dan daerah asal," katanya. ( )

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)