Disdukcapil Lembur, Puluhan Ribu E-KTP Dicetak

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 10:22 WIB
loading...
Disdukcapil Lembur, Puluhan Ribu E-KTP Dicetak
Disdukcapil lembur, puluhan ribu e-KTP dicetak. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian agar dinas kependudukan dan pencatatan sipil ( disdukcapil ) produktif di hari libur benar-benar direalisasikan daerah. Lebih dari 300 disdukcapil tetap buka pelayanan di hari libur dan hasilnya puluhan ribu e-KTP dicetak.

"Tidak main-main, tak kurang sebanyak 318 disdukcapil kabupaten/kota secara serentak tetap bekerja di hari libur yaitu di hari Rabu hingga Kamis atau tanggal 28 hingga 29 Oktober 2020," katanya dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (30/10/2020).

Dia mengungkapkan bahwa pembukaan layanan di hari libur itu menghasilkan puluhan ribu perekaman data dan pencetakan e-KTP. "Terbukti selama dua hari terakhir, dari 318 disdukcapil daerah tersebut tercatat tak kurang sebanyak 10.276 warga direkam datanya hingga print ready record (PRR). Tak kurang sebanyak 34.551 e-KTP dicetak serta dibagikan di tempat," ujarnya.

( ).

Zudan juga mencatat 20 disdukcapil kabupaten/kota dengan transaksi pelayanan dokumen kependudukan tertinggi. Baik dalam hal pembuatan akta, KK, surat pindah, perekaman dan pencetakan e-KTP .

"Masing-masing adalah Disdukcapil Kota Lhokseumawe, Kabupaten Bengkalis, Tanjung Jabung Timur, Tulang Bawang, Sudin Dukcapil Kota Jakarta Barat, Disdukcapil Kota Tangerang, Serang, Lebak, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Subang, Brebes, Lumajang, Banyuwangi, Kota Surabaya, Buleleng, Kutai Kertanegara, Bantaeng, dan Bone," paparnya.

( ).

Lebih lanjut Zudan menuturkan bahwa pelayanan di hari libur ini untuk mengejar cakupan kepemilikan e-KTP. Cetak langsung e-KTP di tempat dilakukan demi menyukseskan pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

Perlu diketahui, saat ini cakupan perekaman e-KTP mencapai 98% atau 189.676.771 jiwa dari 192 juta penduduk wajib KTP.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)