Hari Sumpah Pemuda, Menpora: Momen Bersatu Lawan COVID-19

Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:43 WIB
loading...
Hari Sumpah Pemuda, Menpora: Momen Bersatu Lawan COVID-19
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini dilaksanakan dalam situasi dan kondisi yang luar biasa. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ), Zainudin Amali mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini dilaksanakan dalam situasi dan kondisi yang luar biasa. Dimana sangat berbeda pada peringatan Hari Sumpah Pemuda di tahun-tahun sebelumnya.

“Tidak ada upacara bendera. Tidak ada kegiatan yang menghadirkan keramaian seperti peringatan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya dalam Puncak Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92, Rabu (28/10/2020). (Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Ketua KPK Ajak Bersatu Berantas Korupsi)

Dia mengatakan saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian dan cobaan dengan adanya pandemi COVID-19. Dimana pandemi ini telah memberikan dampak begitu luas di seluruh sendi kehidupan masyarakat.

“Termasuk anak muda di Indonesia. Oleh sebab itu dibutuhkan semangat bersama untuk membangkitkan kembali Indonesia di mata dunia,” tuturnya.

Zainudin mengatakan semangat Sumpah Pemuda 92 tahun yang lalu masih tetap relevan dengan situasi dan kondisi saat ini. Jika 92 tahun yang lalu semangat persatuan untuk membebaskan diri dari penjajahan, maka kali ini adalah untuk melawan COVID-19.

“Maka semangat persatuan itu masih sangat dibutuhkan untuk saat ini untuk bersama-sama mengatasi pandemi covid-19. Sekaligus untuk bangkit bersama, untuk menyongsong kemajuan bangsa,” jelasnya.

Dia menekankan penting semua elemen bangsa untuk bergerak bersama dan bergotong-royong. Selain itu pentingnya bersatu dengan mengedepankan persamaan di antara sesama anak bangsa. (Baca juga:Wahai Pemuda-pemudi, Ini Pesan Sri Mulyani di Hari Sumpah Pemuda)

“Semangat sumpah pemuda tahun ini harus menjadi momentum bagi pemuda. Tidak hanya bangkit menghadapi keterpurukan di berbagai lini dan sektor kehidupan. Tetapi pemuda Indonesia juga memiliki peran yang sangat besar untuk menjadi contoh di masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” paparnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)