Bursa Capres 2024: Politisi Tanah Jawa Mendominasi, tapi Jangan Abaikan Tito Karnavian

loading...
Bursa Capres 2024: Politisi Tanah Jawa Mendominasi, tapi Jangan Abaikan Tito Karnavian
Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih teratas dari sisi elektabilitas capres 2024. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih teratas dari sisi elektabilitas capres 2024. Di bawahnya ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai, jika dicermati dari hasil survei yang ada, figur dari kalangan atau politisi tanah Jawa masih yang tertinggi. "Konstelasi tokoh populer dan potensial masih didominasi tokoh politik tanah Jawa, terutama yang saat ini menjadi kepala daerah," ujar Dedi saat dihubungi SINDOnews, Senin (26/10/2020).

Namun begitu, Dedi melihat, di luar itu ada juga tokoh luat Jawa yang memungkinkan mendapat perhatian publik menjelang tahun kontestasi 2024, misalnya Mendagri Tito Karnavian. Posisi Mendagri terbilang strategis bagi pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini membangun komunikasi dengan publik, tentu dimulai dengan konsolidasi daerah.

(Baca juga: Ganjar Disebut Punya Kans Besar di 2024, Eva Sundari: Kasihan, Bisa Bahaya).



Di sisi lain, di luar nama populer seperti Ganjar, Prabowo dan Anies Baswedan, parpol juga pasti mempelajari dinamika tokoh lainnya, tidak terkecuali mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan sederet tokoh nonpartai politik yang saat ini terus dipantau publik.

"Meskipun demikian, kalangan parpol juga mulai menonjol, dari Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Agus Harimurti Yudhoyono, hingga tokoh lama Muhaimin Iskandar," tutur Dedi.

Diketahui, dalam survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia, Minggu (25/10/2020), elektabilitas Ganjar Pranowo 18,7 persen. Kemudian, elektabilitas Prabowo Subianto 16,8 persen, Anies Baswedan 14,4 persen.(Baca juga: Elektabilitas Ganjar Konsisten Naik, Prabowo dan Anies Turun Naik).
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top