Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ketua MPR: Menteri Tingkatkan Koordinasi dan Pangkas Birokrasi

Senin, 19 Oktober 2020 - 21:46 WIB
loading...
Setahun Jokowi-Maruf, Ketua MPR: Menteri Tingkatkan Koordinasi dan Pangkas Birokrasi
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo juga memberikan sejumlah pesan kepada pemerintahan ini agar lebih optimal dalam melakukan tugasnya hingga 2024 mendatang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tepat pada Selasa 20 Oktober 2020 besok, Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin menginjak usia satu tahun. Banyak kritik, pujian dan juga pesan yang disampaikan berbagai tokoh kepada Jokowi-Ma'ruf dan jajarannya.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo juga memberikan sejumlah pesan kepada pemerintahan ini agar lebih optimal dalam melakukan tugasnya hingga 2024 mendatang. (Baca juga: Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf, Kinerja Menteri dan Cara Komunikasi Disorot)

"Saya mendorong kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tetap fokus, serta terus adaptif dan inovatif dalam memimpin negara ini khususnya dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 saat ini," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mendorong seluruh jajaran kementerian dan lembaga (K/L) agar dapat meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antar lembaga, khususnya kepada Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai tulang punggung pemberian bantuan sosial (bansos).

"Agar pemanfaatan program pemerintah melalui jaring sosial dapat terus dioptimalkan," imbuh Bamsoet.

Bamsoet pun meminta agar pemerintah untuk terus berupaya dalam mengedepankan kesehatan masyarakat dan menyelamatkan perekonomian nasional, dengan melakukan berbagai cara dan strategi yang fleksibel, cepat, dan tepat. "Serta mengoptimalkan pelaksanaan program Penyelamatan Ekonomi Nasional (PEN)," imbuhnya.

Lebih dari itu, Bamsoet menambahkan, seiring dengan upaya penanganan pandemi COVID-19, pemerintah juga perlu terus meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi melalui reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi. (Baca juga: Dihantam Covid, Kinerja Pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Tak Maksimal)

"Dikarenakan kelima hal tersebut merupakan lima program prioritas Jokowi-Ma'ruf di masa lima tahun kepemimpinan mereka," tandas mantan Ketua DPR ini.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3099 seconds (0.1#10.140)