Penjelasan Kemenkes tentang Alur Pelayanan Rawatan Pasien Corona

loading...
Penjelasan Kemenkes tentang Alur Pelayanan Rawatan Pasien Corona
Seseorang dari zona merah atau kontak dengan pasien positif Covid-19 (virus Corona) termasuk suspek yang kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab. Foto/SINDOnews/Ahmad Antoni
A+ A-
JAKARTA - Seseorang dari zona merah atau kontak dengan pasien positif Covid-19 (virus Corona) termasuk suspek yang kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab. Jika hasilnya positif, maka pelayanan pasien dilakukan berdasarkan gejala atau tanpa gejala yang dialami.

(Baca juga: UU Cipta Kerja Bukan Untungkan Pengusaha Menurut Penegasan Kadin)

Plt Dirjen Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Abdul Kadir mengatakan, pasien yang konfirmasi positif Covid-19 kemungkinan tidak mengalami gejala dan mengalami gejala sedang atau sakit berat.

(Baca juga: Tolak UU Cipta Kerja, Ribuan Buruh Geruduk DPRD Jombang)



"Penanganan pasien yang konfirmasi positif Covid-19 ini berdasarkan gejala berat atau ringan. Tidak semua pasien pelayanannya sama," kata Abdul Kadir yang dikutip Sindo Media, Sabtu (17/10/2020).

Penanganan pasien positif Corona yang tidak bergejala akan diimbau untuk isolasi mandiri di rumah atau di RS Darurat. Isolasi minimal 10 hari sejak ditegakkan diagnosis. Setelah isolasi 10 hari maka pasien dinyatakan selesai isolasi.

Lain hal nya dengan pasien positif Covid-19 dengan gejala sakit ringan-sedang. Pasien diimbau untuk isolasi mandiri di rumah, RS Darurat, RS, maupun RS Rujukan Corona. Isolasi minimal 10 hari sejak munculnya gejala ditambah 3 hari bebas demam dan gejala pernapasan. Setelah itu pasien dinyatakan selesai isolasi.



Bagi pasien positif Covid-19 dengan gejala sakit berat akan diisolasi di rumah sakit atau rumah sakit rujukan. Pasien diisolasi minimal 10 hari sejak muncul gejala ditambah 3 hari bebas demam dan gejala pernapasan. Pasien akan dilakukan lagi tes swab jika hasilnya negatif maka pasien akan dinyatakan sembuh.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top