PWI Jateng Serahkan Award Bidang Birokrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik kepada Bupati Batang

Minggu, 27 September 2020 - 12:21 WIB
loading...
PWI Jateng Serahkan Award Bidang Birokrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik kepada Bupati Batang
Bupati Batang Wihaji menerima penghargaan bidang Birokrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik dari PWI Jawa Tengah, Sabtu (26/9/2020) malam. Foto: istimewa
A A A
SEMARANG - Bupati Batang Wihaji mendapat penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah di bidang Birokrasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua PWI Jateng Amir Machmud pada malam anugerah PWI Jateng Award yang digelar di Hotel Aston Inn Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu (26/9/2020) malam.

"Saya mengapresiasi PWI Jateng yang telah memberikan penghargaan dan akan menjadi motivasi jajaran birokrasi untuk tetap kerja keras, kerja cerdas dan telah tuntas serta melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Wihaji

Tak kalah penting, lanjutnya, penghargaan bukanlah sebuah hasil akhir dari semua kerja keras Pemkab Batang, tapi yang lebih penting yaitu birokrasi yang terus melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan dedikasi, transparan akuntabel dan profesional.
"Penghargaan merupakan pemantik semangat Pemkab untuk terus melayani dengan inovasi yang efektif, efisien dan sederhana," ujarnya.

Penghargaan yang diperoleh hasil dari ikhtiar memudahkan pelayanan warga, salah satunya dengan menghadirkan Mall Pelayanan Publik. Pemkot Batang terus berinovasi dan berkolaborasi dalam berbagai hal untuk pelayanan publik.

Wihaji menyampaikan, sejak dibukanya MPP Batang sejak 23 Januari 2020 telah mengintegrasikan 339 pelayanan dari 23 intansi kementerian dan lembaga, OPD Provinsi Jawa Tengah, OPD Kabupaten, BUMN dan BUMD dalam satu gedung di DPMPTSP.

MPP Batang merupakan salah satu percontohan di Indonesia, hingga sampai sekarang sudah ada sebanyak 13 daerah yang studi banding. "Kunjungan masyarakat ke MPP sejak launching hingga Agustus sebanyak 12.922 pelayanan atau rata-rata per hari 135 layanan," ungkapnya.

Dari pelayanan tersebut yang sering dikunjungi pelayanan DPPKAD untuk mengurus pajak daerah, DPMPTSP dan Disnaker untuk mengurus kartu pencari kerja dan layanan SIM Drive True.

Sementara Ketua PWI Jateng, Amir Machmud mengatakan sebagai organisasi profesi kewartawanan yang mengamati, mencatat, dan memberi penilaian terhadap kinerja perorangan maupun lembaga, PWI Jateng merasa perlu untuk mewujudkan pengakuan itu sebagai apresiasi terhadap ketokohan, kreasi, keteladanan dan kepemimpinan yang dirasakan masyarakat dalam lingkup tertentu.

”Tujuan mengapresiasi ini merupakan ikhtiar untuk menumbuhkan inspirasi atau keteladanan, agar apa yang dicapai para tokoh itu dapat menciptakan atmosfer kepengikutan. Contoh-contoh pikiran, ide dan perilaku dari sebuah keteladanan diharapkan mampu untuk mengembangkan dan membangun hal-hal baik yang bermanfaat bagi masyarakat,” terang Amir Mahfud.

Selain Bupati Wihaji, ada 10 tokoh lainnya yang mendapat PWI Jateng Award seperti Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Mbak Ita, atas dedikasinya sebagai tokoh perempuan yang melakukan inovasi dalam birokrasi pemerintahan di Kota Semarang.

Ketua DPRD Jateng H Bambang Kusriyanto BSc yang biasa dipanggil Bambang Krebo, untuk kategori Inovasi Parlemen Modern dan gagasan TV Parlemen.

Penghargaan Bidang Hukum jatuh pada Benny Riyanto (Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional). Bidang Legislasi dan Perjuangan Nasib Petani diberikan untuk H Firman Soebagyo (anggota DPR RI Partai Golkar).

Irwan Hidayat (Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk), mendapat penghargaan atas Inovasi Jamu dan Kepedulian Sosial bagi Kaum Marjinal, Khususnya Penderita Kanker.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3044 seconds (0.1#10.140)